Page 122 - Modul CA - Akuntansi Manajemen Lanjutan (Plus Soal)
P. 122
AKUNTANSI MANAJEMEN LANJUTAN
l. Varians bauran penjualan (sales mix variance) muncul karena bauran penjualan aktual yang dicapai
perusahaan berbeda dengan bauran penjualan yang dianggarkan.
m. Perusahaan akan memiliki varians bauran penjualan yang menguntungkan (favorable) apabila
perusahaan dapat menjual produk-produk yang memiliki marjin kontribusi per unit yang lebih tinggi
dalam volume yang lebih besar dibandingkan dengan yang dianggarkan.
n. Rumus untuk menghitung varians bauran penjualan adalah (bauran penjualan aktual – bauran
penjualan yang dianggarkan) X total unit aktual barang terjual X marjin kontribusi per unit.
o. Varians kuantitas penjualan (sales quantity variance) mengukur besarnya varians yang timbul karena
terdapatnya perbedaan antara total volume barang yang dapat dijual perusahaan dengan total volume
barang yang dianggarkan untuk dijual, dengan asumsi perusahaan dapat menjal sesuai dengan bauran
penjualan yang dianggarkan.
p. Rumus untuk menghitung varians kuantitas penjualan adalah (total volume penjualan aktual – total
volume penjualan yang dianggarkan) X bauran penjualan yang dianggarkan X marjin kontribusi per
unit
q. Arti total volume penjualan aktual dalam rumus perhitungan varians kuantitas penjualan adalah total
penjualan untuk semua produk yang dihasilkan perusahaan, bukan penjualan per masing-masing
produk.
r. Varians kuantitas penjualan muncul disebabkan karena dua hal, yaitu varians pangsa pasar (market
share variance) dan varians besar pasar (market size variance)
s. Perhitungan varians pangsa pasar dan varians besar pasar biasanya tidak dilakukan per jenis produk,
DOKUMEN
namun dilakukan secara gabungan untuk seluruh jenis produk yang dihasilkan perusahaan. Karena
marjin kontribusi yang dianggarkan untuk masing-masing produk berbeda, maka terlebih dahulu
harus dilakukan perhitungan rata-rata tertimbang marjin kontribusi (weighted average contribution
margin).
t. Rumus perhitungan weighted average contribution margin adalah (Σ bauran penjualan masing-masing
IAI
produk dikalikan dengan marjin kontribusi per unit yang dianggarkan dari masing-masing produk)
u. Varians pangsa pasar terjadi karena adanya selisih antara pangsa pasar yang ditargetkan untuk dicapai
dengan pangsa pasar yang benar-benar dapat tercapai. Rumus perhitungan varians pangsa pasar adalah
(pangsa pasar aktual – pangsa pasar yang ditargetkan) X total aktual penjualan industri X weighted
average contribution margin
v. Varians besar pasar terjadi karena besarnya permintaan industri yang diperkirakan perusahaan
berbeda dengan besarnya permintaan aktual dalam industri tersebut. Rumus untuk menghitung
varians besar pasar adalah (Besar aktual permintaan dalam industri – Besar permintaan industri yang
diperkirakan perusahaan) X pangsa pasar yang dianggarkan X weighted average contribution margin
w. Penyebab terjadinya varians besar pasar biasanya disebabkan oleh faktor-faktor diluar kendali
perusahaan.
Contoh Soal Analisis Varians Penjualan
Misalkan, PT Berdikari Sentosa adalah perusahaan yang khusus memproduksi lemari. Ada tiga jenis lemari
yang diproduksi perusahaan, yaitu lemari tipe A, tipe B, dan tipe C. Informasi mengenai anggaran dan hasil
aktual yang dicapai perusahaan pada tahun 20X4 adalah sebagai berikut:
114 Ikatan Akuntan Indonesia