Page 36 - Modul CA - Akuntansi Manajemen Lanjutan (Plus Soal)
P. 36

AKUNTANSI MANAJEMEN LANJUTAN







                                                                                        BAB III


            PENGGUNAAN SISTEM MANAJEMEN

            BIAYA UNTUK EFFISIENSI




            3.1  Latar Belakang


            Dalam modul sebelumnya telah dijelaskan bagaimana cara perusahaan untuk mengembangkan sistem
            activity based costing. Sistem activity based costing memberikan gambaran yang lebih akurat  dan rinci
            mengenai keadaan perusahaan, seperti profitabilitas dari produk atau pelanggan perusahaan. Pertanyaan
            berikutnya adalah, apakah yang akan dilakukan oleh manajemen perusahaan terhadap informasi tersebut.

            Menurut  Cooper dan Kaplan (1999), informasi  activity based costing dapat dipergunakan untuk dua
            hal. Hal pertama disebut dengan operating activity based management, dimana informasi ABC tersebut
            dipergunakan untuk menunjukkan aktivitas-aktivitas apa saja yang dilakukan perusahaan secara tidak
            effisien, yang menimbulkan biaya yang tinggi, yang pada akhirnya mengurangi profitabilitas produk atau
            pelanggan perusahaan. Dengan informasi ABC, perusahaan dapat melakukan tindakan-tindakan terhadap
            aktivitas tersebut, sehingga kegiatan operasional perusahaan dapat dilakukan dengain lebih effisien dan
                               DOKUMEN
            meningkatkan profitabilitas perusahaan.

            Hal kedua disebut dengan  strategic activity based management. Dalam hal ini sistem informasi ABC
            dipergunakan untuk melakukan pengambilan keputusan stratejik yang lebih baik bagi perusahaan. Sistem
            ABC akan menghasilkan informasi yang akurat, yang menyebabkan perusahaan dapat mengetahui produk
                                                     IAI
            atau pelanggan yang mana yang merugikan ataupun yang menguntungkan, sehingga perusahaan dapat
            mengambil keputusan  yang lebih  akurat  mengenai  tindakan-tindakan yang  harus  dilakukan  terhadap
            produk  atau  pelanggan  tersebut.  Contoh-contoh  terhadap tindakan  yang  dapat  dilakukan  perusahaan
            terhadap suatu produk telah dibahas dalam modul mengenai activity based costing, sedangkan analisis ABC
            untuk pelanggan akan dibahas dalam modul mengenai strategic activity based managment untuk pelanggan.





            3.2  Operating Activity Based Management


                 Penekanan pada modul ini adalah mengenai operating activity based management. Perbandungan antara
            konsep activity based costing dengan activity based management dapat dilihat dalam gambar 1 berikut ini:


                                        Gambar 3.1. Konsep Activity Based Costing
                                                       Cost Dimension
                                                        Resources





                                Process Dimension
                                                                             Performance
                                Driver Analysis         Activities            Measures
                                    Why?                                       How Well?
                                                          What?



                                                       Cost Objects



     28      Ikatan Akuntan Indonesia
   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41