Page 49 - Modul CA - Akuntansi Manajemen Lanjutan (Plus Soal)
P. 49

AKUNTANSI MANAJEMEN LANJUTAN







               2.   Activity Based Pricing adalah menentukan harga berdasarkan aktivitas. Dalam hal ini perusahaan
                    dapat memberikan pilihan-pilihan pada pelanggan, sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan untuk
                    melayani pelanggan tersebut. Misalkan, jika pelanggan ingin memesan mendadak, maka akan ada
                    tambahan aktivitas perencanaan produksi, aktivitas set-up mesin, dan aktivitas-aktivitas tambahan
                    lainnya yang dapat dibebankan pada pelanggan dalam bentuk peningkatan harga jual.
               3.   Mengelola hubungan dengan pelanggan dengan tujuan untuk membujuk pelanggan membeli lebih
                    banyak lagi produk atau jasa perusahaan. Salah satu biaya melayani pelanggan yang tinggi adalah biaya
                    perolehan dan biaya mempertahankan pelanggan. Biaya ini dikeluarkan untuk melakukan aktivitas
                    yang bersifat customer level (tingkatan pelanggan). Biaya ini biasanya bersifat tetap, sehingga untuk
                    menutupi biaya ini, perusahaan harus menjual dalam jumlah yang banyak.
               4.   Lebih  disiplin dalam memberikan diskon dan allowances. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya
                    bahwa pemberian diskon dan alowances akan menimbulkan effek pricing  waterfall. Karena itu
                    disarankan agar perusahaan dapat memberikan diskon dan allowances pada pelanggan dengan benar-
                    benar selektif.





               4.5  Menghubungkan Profitabilitas dan Loyalitas Pelanggan


               Menghubungkan profitabilitas pelanggan dengan loyalitas pelanggan akan menghasilkan empat golongan
                               DOKUMEN
               pelanggan, seperti gambar dibawah ini.


                                            Gambar 4.3. Loyalitas dan Profitabilitas
               Choosing a Loyalty Strategy            Butterflies                 True Friends
               When profitability and loyalty are     •  good fit between company’s offerings   •  good fit between company’s offerings
               considered at the same time, it becomes   IAI                        and customers’ needs
                                                        and customers’ needs
               clear that different customers need to be   •  high profit potential  •  highest profit potential
               treated in different ways              Actions:                    Actions:
                                                      •  aim to achieve transactional
                                                                                    often
                                                        satisfaction, not attitudinal loyalty  •  communicate consistently but not too
                                                      •  milk the accounts only as long as they   •  build both attitudinal and behavioral
                                                        are active                  loyalty
                                                      •  key challenge is to cease investing soon   •  delight these customers to nurture,
                                                        enough                      defend, and retain them
                                                      Strangers                   Barnacles
                                                      •  little fit between company’s offerings   •  limited fit between company’s offerings
                                                        and customers. needs        and customers’ needs
                                                      •  lowest profit potential  •  low profit potential
                                                      Actions:                    Actions:
                                                      •  make no investment in these relation-  •  measure both the size and share of
                                                        ships                       wallet
                                                      •  make profit on every transaction  •  if share of wallet is low, focus on up-
                                                                                    and cross-selling
                                                                                  •  if size of wallet is small, impose strict
                                                                                    cost controls





















                                                                                    Ikatan Akuntan Indonesia      41
   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54