Page 51 - Modul CA - Akuntansi Manajemen Lanjutan (Plus Soal)
P. 51

AKUNTANSI MANAJEMEN LANJUTAN







               keuntungan Rp30.000.000 per tahun. Sedangkan biaya perolehan pelanggan B adalah sama yaitu
               Rp50.000.000,  dan  diperkirakan  pelanggan  B akan melakukan  transaksi  dengan  perusahaan  selama
               dua tahun dengan keuntungan sebesar Rp40.000.000 per tahun. Jika hanya dilihat dari profitabilitas per
               tahun, maka pelanggan B terlihat lebih menguntungkan dibandingkan dengan pelanggan A. Padahal, jika
               dihitung keuntungan yang diperoleh selama periode pelanggan tersebut bertransaksi dengan perusahaan,
               maka pelanggan A akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan pelanggan B, karena pelanggan
               A bertransaksi selama tiga periode, sedangkan pelanggan B hanya dua periode. Karena itu dibutuhkan
               perhitungan tingkat profitabilitas pelanggan selama masa bertransaksi dengan perusahaan tersebut. Metode
               tersebut dinamakan dengan customer lifetime value.

               Rumusan untuk menghitung customer lifetime value adalah:
                                                    Dimana
                                                    Mt = tingkat keuntungan (pendapatan dikurangi biaya) dari
                                                    pelanggan pada tahun t
                                                    Ct = tambahan biaya untuk mempertahankan pelanggan pada
                                                    tahun t
                                                    i = biaya permodalan (cost of capital)




                               DOKUMEN






                                                     IAI
















































                                                                                    Ikatan Akuntan Indonesia      43
   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56