Page 51 - Modul CA - Akuntansi Manajemen Lanjutan (Plus Soal)
P. 51
AKUNTANSI MANAJEMEN LANJUTAN
keuntungan Rp30.000.000 per tahun. Sedangkan biaya perolehan pelanggan B adalah sama yaitu
Rp50.000.000, dan diperkirakan pelanggan B akan melakukan transaksi dengan perusahaan selama
dua tahun dengan keuntungan sebesar Rp40.000.000 per tahun. Jika hanya dilihat dari profitabilitas per
tahun, maka pelanggan B terlihat lebih menguntungkan dibandingkan dengan pelanggan A. Padahal, jika
dihitung keuntungan yang diperoleh selama periode pelanggan tersebut bertransaksi dengan perusahaan,
maka pelanggan A akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan pelanggan B, karena pelanggan
A bertransaksi selama tiga periode, sedangkan pelanggan B hanya dua periode. Karena itu dibutuhkan
perhitungan tingkat profitabilitas pelanggan selama masa bertransaksi dengan perusahaan tersebut. Metode
tersebut dinamakan dengan customer lifetime value.
Rumusan untuk menghitung customer lifetime value adalah:
Dimana
Mt = tingkat keuntungan (pendapatan dikurangi biaya) dari
pelanggan pada tahun t
Ct = tambahan biaya untuk mempertahankan pelanggan pada
tahun t
i = biaya permodalan (cost of capital)
DOKUMEN
IAI
Ikatan Akuntan Indonesia 43