Page 57 - Modul CA - Akuntansi Manajemen Lanjutan (Plus Soal)
P. 57

AKUNTANSI MANAJEMEN LANJUTAN







               Rangkuman dari ketiga tahapan dalam penentuan target cost perusahaan dapat dilihat pada gambar 5.1.
               berikut ini:

                                                        Product-Level
                                                           Target
                             Market-Driven Costing         Costing
                                   Target      Target
                      Market       Setting     Profit    Allowable
                     Conditions                            Cost
                                    Price      Margin
                                                          Strategic
                                                           Cost-
                                                          reduction
                                                          Challenge
                                                                         Component-Level Target Costing
                                                          Product-    Function   Component
                                                           Level       Level        Level
                                                           Target      Target      Target      Supplies
                                                           Cost        Cost         Cost

                                                           Target
                                                           Cost-
                                                         Reduction
                               DOKUMEN
                                                          Objective
                                                          Current
                                                           Cost


                                                     IAI
                      Gambar 5.1: Hubungan antara Market Driven Costing, Product Level Target Costing, dan
                  Component Level Target Costing (Sumber Cooper and Slagmulder Develop Profitable New Product
                                                  with Target Costing, 1999)



               5.4.4  Chained Target Costing
               Setelah semua target biaya komponen ditentukan, maka perusahaan akan meminta pemasok-pemasok
               perusahaan untuk  mencapai  target biaya  komponen  tersebut.  Para  pemasok  akan    terdorong  untuk
               mencapai target biaya komponen, karena bila pemasok tersebut dapat mencapai target biaya komponen,
               maka perusahaan akan memberikan kontrak untuk memasok komponen tersebut selama masa hidup dari
               produk.

               Target cost yang telah ditentukan perusahaan harus dapat dicapai. Jika saat mau diproduksi ternyata terdapat
               komponen yang mengalami kenaikkan harga, maka perusahaan harus mencari jalan untuk mengurangi
               biaya dari komponen lainya. Hal yang paling penting adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan tidak boleh
               melebihi target costnya.

               Jika ternyata biaya yang diperkirakan akan dikeluarkan perusahaan melebihi target cost yang telah
               ditentukan, maka perusahaan seharusnya membatalkan produksi produk baru tersebut, kecuali jika produk
               tersebut merupakan produk stratejik perusahaan. Produk stratejik merupakan produk  yang penting yang
               harus dimiliki perusahaan sebagai bagian dari strateji perusahaan. Jika produk ini tidak jadi dibuat, akan
               bisa menghambat perusahaan dalam mencapai tujuannya, misalkan jikap roduk tersebut tidak dibuat maka
               pangsa pasar perusahaan dapat digerogoti oleh pesaingnya. Jika produk yang akan diperkenalkan adalah
               produk stratejik, maka meskipun target cost perusahaan tidak dapat dicapai, maka produk tersebut tetap
               harus diperkenalkan, meskipun dengan konsekuensi pengurangan target marjin perusahaan.






                                                                                    Ikatan Akuntan Indonesia      49
   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62