Page 60 - Modul CA - Akuntansi Manajemen Lanjutan (Plus Soal)
P. 60
AKUNTANSI MANAJEMEN LANJUTAN
BAB VI
PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI UNTUK
PENGAMBILAN KEPUTUSAN JANGKA PENDEK
6.1 Latar Belakang
Salah satu kegunaan utama dari sistem informasi akuntansi manajemen adalah memberikan informasi yang
dapat dipergunakan manajemen untuk mengambil keputusan. Namun demikian, tidak semua informasi
biaya dapat dipergunakan untuk pengambilan keputusan. Misalkan, jika yang dipergunakan adalah informasi
mengenai biaya yang sudah terjadi (sunk costs), maka pengambilan keputusan yang diambil bisa saja salah.
Karena itu, penting sekali untuk membedakan mana biaya yang dapat dipakai dan yang tidak dapat dipakai
untuk pengambilan keputusan, sehingga manajemen dapat melakukan pengambilan keputusan yang benar.
6.2 Langkah-Langkah dalam Pengambilan Keputusan
DOKUMEN
Pada dasarnya terdapat lima langkah yang harus dilakukan dalam melakukan pengambilan keputusan,
termasuk didalamnya pengambilan keputusan jangka pendek. Langkah-langkah tersebut adalah:
1. Menyadari adanya permasalahan dan mendefinisikan permasalahan tersebut.
2. Mengidentifikasikan alternatif-alternatif yang dapat dipergunakan untuk memecahkan masalah
IAI
tersebut.
3. Mengidentifikasikan perkiraan biaya yang akan dikeluarkan dan pendapatan yang akan diterima
untuk setiap alternatif yang telah dipilih dan memperbandingkan biaya dan pendapatan relevan
untuk setiap alternatif.
4. Menilai dampak atau faktor kualitatif dari setiap alternatif tersebut terhadap tujuan perusahaan
secara keseluruhan.
5. Memilih alternatif yang paling menguntungkan, namun tidak bertentangan dengan tujuan
perusahaan.
Contoh dari penerapan kelima langkah tersebut dalam pengambilan keputusan jangka pendek perusahaan
adalah:
1. Perusahaan sedang dalam keadaan yang lesu, dan beroperasi tidak dalam kapasitas maksimal.
Terdapat calon pembeli (yang belum pernah membeli dari perusahaan), yang ingin membeli produk
perusahaan dengan harga yang lebih murah dari harga normal perusahaan, dan hanya melakukan
satu kali transaksi
2. Alternatif yang dapat dipilih perusahaan adalah (1) menerima pesanan tersebut atau (2) menolak
pesanan tersebut
3. Perusahaan akan melakukan perhitungan tambahan pendapatan dan tambahan biaya jika perusahaan
menerima pesanan tersebut.
4. Salah satu faktor kualitatif yang harus dipertimbangkan perusahaan adalah apakah harga khusus
yang diberikan pada calon pembeli ini akan dapat merusak harga normal perusahaan
5. Pesanan akan diterima apabila tambahan pendapatan yang diperoleh lebih besar dari tambahan biaya
yang dikeluarkan, serta tidak merusak harga normal perusahaan.
52 Ikatan Akuntan Indonesia