Page 137 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 137
C. Mengecek dan menyetujui kredit pelanggan
D. Mengecek ketersediaan barang
6. Ketika mengirimkan barang kepada pelanggan, maka dokumen wajib yang harus
disertakan bersama dengan barang yang dikirimkan adalah
A. Invoice & Purchase Order
B. Sales order & Picking ticket
C. Sales invoice & Picking ticket
D. Packing slip & Bill of lading
7. Berikut ini adalah aktivitas pengendalian yang dapat diterapkan untuk meminimalkan
terjadinya/munculnya transaksi pendapatan fiktif.
A. Pemisahan tugas (segregation of duties).
B. Faktur penjualan direkonsiliasi dengan laporan penjualan harian.
C. Persediaan disimpan di tempat aman dan akses fisiknya dibatasi.
D. Faktur penjualan yang bernomor urut tercetak.
DOKUMEN
8. Saldo piutang pelanggan dapat dilakukan perubahan/update atas aktivitas-aktivitas di
bawah ini, kecuali:
A. Retur barang rusak oleh pelanggan
IAI
B. Penerimaan pembayaran piutang yang jatuh tempo dari pelanggan
C. Penerimaan pesanan dari pelanggan
D. Penerbitan memo kredit untuk piutang yang gagal tagih
9. Supaya pengendalian menjadi efektif, maka karyawan yang bertanggung jawab
melakukan pencatatan piutang dagang, tidak diperkenankan untuk:
A. Mencatat penerimaan kas
B. Menerima kas dari pelanggan dan menyetorkan ke bank
C. Menghapus saldo piutang pelanggan yang telah disetujui
D. Mengirimkan penagihan kepada pelanggan untuk piutang yang jatuh tempo
10. Dokumen yang digunakan sebagai dasar untuk pengambilan barang di gudang yang
kemudian dikirimkan ke pelanggan berdasarkan pesanan adalah:
A. Picking Ticket
B. Invoice
C. Bill of lading
D. Credit memo
130