Page 140 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 140
BAB 11
SISTEM PEMBELIAN
Pendahuluan
Pada bab sebelumnya kita telah mempelajari secara detail mengenai siklus pendapatan
sekaligus risiko yang mungkin terjadi dan pengendaliannya. Pada bab ini kita akan
membahas secara detail mengenai siklus pembelian yang berawal dari aktivitas pembelian
bahan baku (bagi perusahaan manufaktur) atau barang dagangan (bagi perusahaan dagang),
penerimaan barang atau jasa, pencatatan pembelian, dan pembayaran kepada pemasok.
Tujuan Pembelajaran
Setelah membaca materi ini, diharapkan pembaca mampu:
1. Memahami mengenai proses dalam siklus pembelian.
2. Mengidentifikasi risiko yang mungkin terjadi dalam siklus pembelian.
DOKUMEN
3. Mengidentifikasi aktivitas pengendalian/kontrol yang relevan untuk memitigasi risiko
yang mungkin terjadi pada siklus pembelian.
4. Memahami bagaimana untuk menguji aktivitas pengendalian yang diterapkan apakah
IAI
relevan dengan risiko-risiko yang diidentifikasi pada sistem pembelian.
5. Mengenali kelemahan dalam sistem pembelian.
A. Siklus Pembelian
Siklus pembelian merupakan serangkaian aktivitas bisnis dan pemrosesan informasi terkait
pembelian dan pembayaran barang atau jasa (Romney, 2018). Untuk mengetahui aktivitas
bisnis yang dijalankan pada siklus pembelian dan bagaimana hubungan dengan subsistem
lain dalam sistem informasi pada perusahaan, dapat dilihat pada gambar DFD Context di
bawah ini:
133