Page 145 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 145
Pesanan pembelian (purchase order) adalah dokumen atau formulir yang secara
formal meminta seorang pemasok untuk menjual dan mengirimkan produk tertentu
pada harga tertentu. Dokumen ini merupakan sebuah janji untuk membayar dan
menjadi sebuah kontrak setelah pemasok menerimanya.
Penggunaan Electronic Data Interchange (EDI) dapat meminimalkan biaya pembelian
dengan mengeliminasi pekerjaan klerikal yang terkait dengan mencetak dan
mengirimkan dokumen kertas. Waktu untuk mengidentifikasi kebutuhan untuk
memesan kembali sebuah barang dan menerimanya kembali juga dapat dikurangi.
Sehingga risiko kehabisan stok barang dapat diminimalkan dan dapat meningkatkan
profitabilitas secara signifikan.
Selain itu, program Vendor-Managed Inventory (VMI) menyediakan sarana lain untuk
mengurangi pembelian dan biaya persediaan. VMI merupakan praktek dimana para
DOKUMEN
produsen dan distributor (pemasok) diberi akses terhadap data penjualan, persediaan,
dan diotorisasi secara otomatis untuk mengisi kembali persediaan ketika stok sudah
mencapai titik reorder point.
IAI
Reverse Auction merupakan metode lain untuk mengurangi biaya terkait pembelian
dimana para pemasok bersaing satu dengan yang lain untuk memenuhi permintaan
dengan harga terendah. Metode ini kemungkinan cocok untuk pembelian barang
komoditas, namun kurang cocok untuk pembelian barang penting yang membutuhkan
suatu kualitas tinggi, keandalan pemasok, dan kinerja pengiriman.
Aktivitas pemesanan bahan baku, perlengkapan atau jasa yang terdiri dari proses identifikasi
apa, kapan, dan berapa banyak pembelian dan proses pemilihan pemasok. Berikut pada tabel
11.1 akan diuraikan mengenai risiko yang mungkin terjadi di dalam aktivitas pemesanan
pembelian, pengendalian terhadap risiko yang diidentifikasi, dan pengujian pengendaliannya.
138