Page 145 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 145

Pesanan  pembelian  (purchase  order)  adalah  dokumen  atau  formulir  yang  secara

                     formal  meminta  seorang  pemasok  untuk  menjual  dan  mengirimkan  produk  tertentu
                     pada  harga  tertentu.  Dokumen  ini  merupakan  sebuah  janji  untuk  membayar  dan

                     menjadi sebuah kontrak setelah pemasok menerimanya.


                     Penggunaan Electronic Data Interchange (EDI) dapat meminimalkan biaya pembelian
                     dengan  mengeliminasi  pekerjaan  klerikal  yang  terkait  dengan  mencetak  dan

                     mengirimkan  dokumen  kertas.  Waktu  untuk  mengidentifikasi  kebutuhan  untuk

                     memesan  kembali  sebuah  barang  dan  menerimanya  kembali  juga  dapat  dikurangi.
                     Sehingga  risiko  kehabisan  stok  barang  dapat  diminimalkan  dan  dapat  meningkatkan

                     profitabilitas secara signifikan.


                     Selain itu, program Vendor-Managed Inventory (VMI) menyediakan sarana lain untuk

                     mengurangi  pembelian  dan  biaya  persediaan.  VMI  merupakan  praktek  dimana  para
                               DOKUMEN
                     produsen dan distributor (pemasok) diberi akses terhadap data penjualan, persediaan,

                     dan  diotorisasi  secara  otomatis  untuk  mengisi  kembali  persediaan  ketika  stok  sudah
                     mencapai titik reorder point.
                                                     IAI


                     Reverse  Auction  merupakan  metode  lain  untuk  mengurangi  biaya  terkait  pembelian
                     dimana  para  pemasok  bersaing  satu  dengan  yang  lain  untuk  memenuhi  permintaan

                     dengan  harga  terendah.  Metode  ini  kemungkinan  cocok  untuk  pembelian  barang
                     komoditas, namun kurang cocok untuk pembelian barang penting yang membutuhkan

                     suatu kualitas tinggi, keandalan pemasok, dan kinerja pengiriman.


               Aktivitas pemesanan bahan baku, perlengkapan atau jasa yang terdiri dari proses identifikasi

               apa, kapan, dan berapa banyak pembelian dan proses pemilihan pemasok. Berikut pada tabel
               11.1  akan  diuraikan  mengenai  risiko  yang  mungkin  terjadi  di  dalam  aktivitas  pemesanan

               pembelian, pengendalian terhadap risiko yang diidentifikasi, dan pengujian pengendaliannya.








                                                           138
   140   141   142   143   144   145   146   147   148   149   150