Page 157 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 157

10.  Penggunaan  teknologi  yang  dapat  meminimalkan  biaya  pembelian  dengan

                     mengeliminasi  pekerjaan  klerikal  yang  terkait  dengan  mencetak  dan  mengirimkan
                     dokumen kertas, misalnya dalam hal mengirimkan purchase order, invoice. Teknologi

                     informasi tersebut adalah
                     A.    Just in Time (JIT)

                     B.    Electronic Data Interchange (EDI)
                     C.    Vendor-Managed Inventory (VMI)

                     D.    MRP (Material Requirement Planning)


               B.    Esai

               1.    Sebutkan prosedur pengendalian  yang efektif untuk mencegah staf bagian pembelian

                     menerima suap dari supplier?
               2.    Jelaskan secara singkat fungsi dokumen-dokumen di bawah ini!

                     a.    Permintaan pembelian (purchase requisition)
                               DOKUMEN
                     b.    Pesanan pembelian (purchase order)

                     c.    Receiving Report
                     d.    Debit Memo



                                                     IAI






















                                                           150
   152   153   154   155   156   157   158   159   160   161   162