Page 156 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 156
6. Prosedur pengendalian berikut ini paling efektif diterapkan untuk mencegah duplikasi
pembayaran faktur yang sama:
A. Memisahkan fungsi persiapan cek pembayaran dan penandatanganan cek
pembayaran
B. Membubuhkan stempel “Lunas” pada faktur, order pembelian, dan laporan
penerimaan yang telah dibayar
C. Prosedur yang menetapkan 2 tanda tangan pada semua cek dengan batas
pembayaran tertentu
D. Prosedur yang mewajibkan untuk mencocokkan faktur dari pemasok dengan
laporan penerimaan barang dan dokumen purchase order
7. Suatu metode pengelolaan persediaan yang menghitung nilai pesanan optimal untuk
meminimalkan jumlah biaya pesanan, penyimpanan, dan kehabisan stok adalah:
A. EOQ (Economic Order Quantity)
B. Reorder Point
DOKUMEN
C. JIT (Just-In Time)
D. MRP (Material Requirement Planning)
8. Pengendalian internal menjadi lebih efektif ketika informasi kuantitas barang yang
dipesan tidak dicantumkan dalam salinan pesanan pembelian yang dikirimkan kepada:
A. Departemen utang dagang IAI
Agen pembelian
B.
C. Departemen yang menginisiasi permintaan barang
D. Departemen penerimaan barang
9. Sasaran berikut ini dapat dipenuhi pada aktivitas pemesanan pembelian, kecuali:
A. Memiliki jumlah persediaan pada tingkat optimal.
B. Membeli barang dari pemasok yang menyediakan kualitas dan layanan terbaik
dengan harga terbaik.
C. Membayar utang usaha ke pemasok sesuai barang dan jumlah yang dibeli secara
tepat waktu.
D. Biaya pemesanan, biaya penyimpanan dan biaya stockout dapat diminimalkan.
149