Page 213 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 213
yang terlihat usang dengan melakukan review atas penjualan setelah akhir tahun
dan mendiskusikan prospek penjualan di masa yang akan datang dengan
manajemen.
Teknik pengambilan sampel secara statistik harus digunakan untuk memilih item
untuk diuji. Kemudian, auditor harus memeriksa dokumentasi pendukung yang
mendasarinya – misalnya, tagihan – untuk menentukan apakah biaya dicatat
dengan benar. Setiap perbedaan yang ditemukan antara tagihan vendor dan
jumlah yang dicatat harus diidentifikasikan sebagai error dan harus
diproyeksikan terhadap populasi secara keseluruhan untuk menentukan apakah
salah saji material. Apabila perusahaan menggunakan sistem biaya standar,
biayanya diverifikasi dengan pengujian atas sistem biaya dan dengan menelusuri
item yang dipilih ke biaya standar. Varians yang signifikan harus dialokasikan
antara harga pokok penjualan dan persediaan.
DOKUMEN
Sebagian besar organisasi manufaktur menggunakan sistem biaya standar untuk
membantu pengendalian biaya, penelusuran akuntansi, dan penentuan biaya
IAI
persediaan. Valuasi atas persediaan akhir secara langsung dipengaruhi oleh
kualitas dari sistem biaya klien. Auditor harus melakukan tanya jawab mengenai
hal-hal berikut ini:
i. Metode untuk mengembangkan biaya standar.
ii. Seberapa sering standar diperbarui.
iii. Metode untuk mengidentifikasi komponen dari overhead dan alokasi
overhead ke produk.
iv. Metode untuk mengidentifikasi varians, tindak lanjut atas penyebabnya, dan
alokasi terhadap persediaan dan harga pokok penjualan.
Auditor juga menguji prosedur untuk mengaloksikan biaya bahan mentah
ke produk atau pusat biaya. Auditor harus mahir dengan sistem penentuan
biaya berbasis aktivitas untuk menentukan ketepatannya dalam
mengalokasikan biaya ke produk.
(5) Penyajian/pengungkapan
Melakukan review atas pengungkapan laporan keuangan klien misalnya terkait dengan:
206