Page 25 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 25
(3) Dapat diakses
Informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi dapat diakses atau diperoleh dengan
mudah bagi pengguna yang tepat. Sebagai contoh kasir dalam mengatur pembayaran
melalui bank diberi akses ke bank untuk meminta informasi saldo uang perusahaan di
bank.
(4) Tepat waktu
Informasi yang dihasilkan bila tidak sesuai dengan waktu yang dibutuhkan untuk
pengambil keputusan atau tindakan, maka informasi itu tidak berkualitas, karena tidak
dapat mendukung dalam pengambilan keputusan atau tindakan. Sebagai contoh kalau
laporan penjualan bulan Januari baru diperoleh akhir Februari sedangkan manajer
penjualan harus mengambil strateji penjualan di bulan Februari, maka informasi ini
tidak berguna.
(5) Lengkap
Informasi yang lengkap akan memudah pengambil keputusan mentetapkan keputusan
DOKUMEN
atau tindakan. Seperti contoh pembayaran insentif kepada tim penjualan, manajer
penjualan membutuhkan informasi penjualan masing-masing penjualan dalam tim, nilai
penjualan secara agregat, berapa besar dari penjualan tersebut sudah direalisasi
pelunasannya, dan informasi lainnya sehingga dalam menghitung insentif tidak terjadi
kesalahan. IAI
(6) Konsisten
Infrormasi yang diberikan dari waktu ke waktu harus konsisten dari segi konten
maupun format sehingga dapat dilakukan perbandingan atau analisis lainnya. Contoh
yang paling lazim adalah format dari laporan keuangan yang sama setiap periode
sehingga memudahkan pengguna melakukan analisis.
(7) Ringkasan
Informasi itu harus disajikan atau diberikan dalam bentuk ringkasan (summerization)
yang padat, singkat dan fokus pada hal yang berhubungan dengan proses pengambilan
keputusan. Dengan demikian pengambilan keputusan dapat lebih cepat melakukan
analisis dan mengambil keputusan. Bila diperlukan informasi rinci, baru dimintakan
lagi untuk meyakini kebenaran informasi yang diperoleh dalam bentuk ringkasan.
Misalnya laporan piutang yang diperlukan oleh direktur cukup berisikan saldo piutang
masing-masing pelanggan, tidak perlu dirinci dengan nomor faktur untuk masing-
masing piutang pelanggan.
18