Page 25 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 25

(3)  Dapat diakses

                     Informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi dapat diakses atau diperoleh dengan
                     mudah bagi pengguna yang tepat. Sebagai contoh kasir dalam mengatur pembayaran

                     melalui bank diberi akses ke bank untuk meminta informasi saldo uang perusahaan di
                     bank.

               (4)  Tepat waktu
                     Informasi  yang  dihasilkan  bila  tidak  sesuai  dengan  waktu  yang  dibutuhkan  untuk

                     pengambil keputusan atau tindakan, maka informasi itu tidak berkualitas, karena tidak

                     dapat mendukung dalam pengambilan keputusan atau tindakan. Sebagai contoh kalau
                     laporan  penjualan  bulan  Januari  baru  diperoleh  akhir  Februari  sedangkan  manajer

                     penjualan  harus  mengambil  strateji  penjualan  di  bulan  Februari,  maka  informasi  ini

                     tidak berguna.
               (5)  Lengkap

                     Informasi yang lengkap akan memudah pengambil keputusan mentetapkan keputusan
                               DOKUMEN
                     atau  tindakan.  Seperti  contoh  pembayaran  insentif  kepada  tim  penjualan,  manajer

                     penjualan membutuhkan informasi penjualan masing-masing penjualan dalam tim, nilai
                     penjualan  secara  agregat,  berapa  besar  dari  penjualan  tersebut  sudah  direalisasi

                     pelunasannya, dan informasi lainnya sehingga dalam menghitung insentif tidak terjadi

                     kesalahan.                      IAI
               (6)  Konsisten

                     Infrormasi  yang  diberikan  dari  waktu  ke  waktu  harus  konsisten  dari  segi  konten
                     maupun format sehingga dapat dilakukan perbandingan atau analisis lainnya. Contoh

                     yang  paling  lazim  adalah  format  dari  laporan  keuangan  yang  sama  setiap  periode
                     sehingga memudahkan pengguna melakukan analisis.

               (7)  Ringkasan

                     Informasi itu harus disajikan atau diberikan dalam bentuk ringkasan (summerization)
                     yang padat, singkat dan fokus pada hal yang berhubungan dengan proses pengambilan

                     keputusan.  Dengan  demikian  pengambilan  keputusan  dapat  lebih  cepat  melakukan

                     analisis  dan  mengambil  keputusan.  Bila  diperlukan  informasi  rinci,  baru  dimintakan
                     lagi  untuk  meyakini  kebenaran  informasi  yang  diperoleh  dalam  bentuk  ringkasan.

                     Misalnya laporan piutang yang diperlukan oleh direktur cukup berisikan saldo piutang
                     masing-masing  pelanggan,  tidak  perlu  dirinci  dengan  nomor  faktur  untuk  masing-

                     masing piutang pelanggan.
                                                           18
   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30