Page 111 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 111

(b)  Bagaimana kemungkinan pasar akan berubah?

                     (c)  Bagaimana mencapai kepuasan pelanggan?
                     (d)  Apa hal-hal yang dapat mencegah rencana ini menjadi berhasil?

                     (e)  Apa yang harus dilakukan untuk meminimalkan risiko?
                     (f)   Apa saja tindakan yang perlu dilakukan?

                     Dalam  menjawab  pertanyaan-pertanyaan  ini,  perusahaan  perlu  untuk  membuat
                     serangkaian keputusan strategis.



               (5)  Karakteristik Keputusan Strategis
                     Penulis manajemen Gerry Johnson dan Kevan Scholes (Exploring Corporate Strategy)

                     meringkas karakteristik keputusan strategi untuk perusahaan sebagai berikut:

                     (a)  Keputusan strategis berkaitan dengan ruang lingkup aktivitas perusahaan.
                     (b)  Keputusan strategis menyelaraskan aktivitas perusahaan dengan kapabilitas yang

                           dimiliki dan lingkungan tempat beroperasi.
                               DOKUMEN
                     (c)  Keputusan strategis berkembang seiring dengan alokasi sumber daya.

                     (d)  Keputusan  strategis  menggerakkan  rangkaian  keputusan  operasional  yang  lebih
                           ringkas.
                                                     IAI
                     (e)  Keputusan strategis didasarkan pada nilai-nilai dan ekspektasi manajemen puncak.

                     (f)   Keputusan  strategis  menetapkan  arahan  jangka  panjang  yang  perlu  diambil
                           perusahaan.

                     (g)  Keputusan strategis mengarahkan perubahan dalam perusahaan.


                C.  Proses Perencanaan Strategis
               (1)  Tahapan Perencanaan Strategis

                     Dengan  menggunakan  model  rasional,  perencanaan  strategi  dapat  dibagi  menjadi

                     beberapa tahapan: analisis strategi, pilihan strategi, implementasi strategi, dan reviu dan
                     pengendalian secara terus-menerus (lihat Gambar 4.2).

                     Urutan  dari  tahapan  perencanaan  strategi  itu  dilakukan  bergantung  pada  apakah

                     perusahaan mengambil pandangan berbasis posisi atau berbasis sumberdaya:
                     (a)  Pandangan  berbasis  posisi  menyatakan  bahwa  kekuatan  yang  bekerja  dalam

                           industri, sektor, atau pasar merupakan faktor yang paling penting untuk strategi,
                           sehingga pengembangan strategi merupakan upaya untuk mengidentifikasi peluang

                           dalam  lingkungan  dan  mengembangkan  kapabilitas  strategis  untuk  mengambil
                           manfaat dari keduanya.


                                                           105
   106   107   108   109   110   111   112   113   114   115   116