Page 111 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 111
(b) Bagaimana kemungkinan pasar akan berubah?
(c) Bagaimana mencapai kepuasan pelanggan?
(d) Apa hal-hal yang dapat mencegah rencana ini menjadi berhasil?
(e) Apa yang harus dilakukan untuk meminimalkan risiko?
(f) Apa saja tindakan yang perlu dilakukan?
Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, perusahaan perlu untuk membuat
serangkaian keputusan strategis.
(5) Karakteristik Keputusan Strategis
Penulis manajemen Gerry Johnson dan Kevan Scholes (Exploring Corporate Strategy)
meringkas karakteristik keputusan strategi untuk perusahaan sebagai berikut:
(a) Keputusan strategis berkaitan dengan ruang lingkup aktivitas perusahaan.
(b) Keputusan strategis menyelaraskan aktivitas perusahaan dengan kapabilitas yang
dimiliki dan lingkungan tempat beroperasi.
DOKUMEN
(c) Keputusan strategis berkembang seiring dengan alokasi sumber daya.
(d) Keputusan strategis menggerakkan rangkaian keputusan operasional yang lebih
ringkas.
IAI
(e) Keputusan strategis didasarkan pada nilai-nilai dan ekspektasi manajemen puncak.
(f) Keputusan strategis menetapkan arahan jangka panjang yang perlu diambil
perusahaan.
(g) Keputusan strategis mengarahkan perubahan dalam perusahaan.
C. Proses Perencanaan Strategis
(1) Tahapan Perencanaan Strategis
Dengan menggunakan model rasional, perencanaan strategi dapat dibagi menjadi
beberapa tahapan: analisis strategi, pilihan strategi, implementasi strategi, dan reviu dan
pengendalian secara terus-menerus (lihat Gambar 4.2).
Urutan dari tahapan perencanaan strategi itu dilakukan bergantung pada apakah
perusahaan mengambil pandangan berbasis posisi atau berbasis sumberdaya:
(a) Pandangan berbasis posisi menyatakan bahwa kekuatan yang bekerja dalam
industri, sektor, atau pasar merupakan faktor yang paling penting untuk strategi,
sehingga pengembangan strategi merupakan upaya untuk mengidentifikasi peluang
dalam lingkungan dan mengembangkan kapabilitas strategis untuk mengambil
manfaat dari keduanya.
105