Page 114 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 114

(3)  Pilihan Strategis

                          Tahapan                Komentar               Alat, Model, dan Teknik
                                                                              Yang Utama

                      Menghasilkan       Menghasilkan ide baru:         Strategi  berbasis  sumber

                      pilihan strategis    Bagaimana       bersaing      daya
                                            (dengan  mengamankan    Strategi berbasis posisi:

                                            keunggulan  kompetitif)       o  Strategi generik Porter
                                            di pasar                      o  Strategi  produk/pasar

                                          Di mana perlu bersaing           Ansoff

                                          Metode pertumbuhan
                      Evaluasi  pilihan  Umumnya,  setiap  strategi  Analisis           pemangku

                      strategi           harus dievaluasi berdasarkan  kepentingan

                                         AKF:                   oleh   Analisis risiko
                                          Akseptabilitas
                               DOKUMEN
                                            pemangku kepentingan
                                                             dengan
                                          Kesesuaian
                                            keadaan      operasional
                                                     IAI
                                            perusahaan
                                          Feasibilitas  dalam  arti

                                            tersedianya   keuangan,

                                            sumber daya, waktu, dan
                                            kompetensi

                      Seleksi strategi   Memilih  strategi  alternatif

                                         yang sesuai


                     Pada akhir proses ini, perusahaan setidaknya memiliki tiga jenis strategi:
                     (a)  Strategi kompetitif, strategi generik atas keunggulan daya saing yang hendak diraih

                           perusahaan. Strategi ini menentukan bagaimana untuk bersaing.
                     (b)  Strategi produk-pasar menentukan di mana perusahaan bersaing dan arahan agar

                           bertumbuh (yaitu pasar mana yang perlu dimasuki dan ditinggalkan perusahaan).

                     (c)  Strategi institusional menentukan metode pertumbuhan (yaitu hubungan dengan
                           perusahaan lain).





                                                           108
   109   110   111   112   113   114   115   116   117   118   119