Page 114 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
        P. 114
     (3)  Pilihan Strategis
                          Tahapan                Komentar               Alat, Model, dan Teknik
                                                                              Yang Utama
                      Menghasilkan       Menghasilkan ide baru:         Strategi  berbasis  sumber
                      pilihan strategis    Bagaimana       bersaing      daya
                                            (dengan  mengamankan    Strategi berbasis posisi:
                                            keunggulan  kompetitif)       o  Strategi generik Porter
                                            di pasar                      o  Strategi  produk/pasar
                                          Di mana perlu bersaing           Ansoff
                                          Metode pertumbuhan
                      Evaluasi  pilihan  Umumnya,  setiap  strategi  Analisis           pemangku
                      strategi           harus dievaluasi berdasarkan  kepentingan
                                         AKF:                   oleh   Analisis risiko
                                          Akseptabilitas
                               DOKUMEN
                                            pemangku kepentingan
                                                             dengan
                                          Kesesuaian
                                            keadaan      operasional
                                                     IAI
                                            perusahaan
                                          Feasibilitas  dalam  arti
                                            tersedianya   keuangan,
                                            sumber daya, waktu, dan
                                            kompetensi
                      Seleksi strategi   Memilih  strategi  alternatif
                                         yang sesuai
                     Pada akhir proses ini, perusahaan setidaknya memiliki tiga jenis strategi:
                     (a)  Strategi kompetitif, strategi generik atas keunggulan daya saing yang hendak diraih
                           perusahaan. Strategi ini menentukan bagaimana untuk bersaing.
                     (b)  Strategi produk-pasar menentukan di mana perusahaan bersaing dan arahan agar
                           bertumbuh (yaitu pasar mana yang perlu dimasuki dan ditinggalkan perusahaan).
                     (c)  Strategi institusional menentukan metode pertumbuhan (yaitu hubungan dengan
                           perusahaan lain).
                                                           108
     	
