Page 119 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 119

Tujuan  analisis  ini  adalah  untuk  mengidentifikasi  faktor-faktor  yang  saat  ini

                     mempengaruhi  perusahaan  dan  yang  kemungkinan  akan  menjadi  signifikan  di  masa
                     mendatang. Untuk menghindari agar hal ini tidak lagi menjadi rutinitas, perusahaan harus

                     mengidentifikasi  beberapa  pengaruhi  penting  dari  seluruh  faktor  yang  diidentifikasi
                     dalam analisis, yaitu peluang utama yang ada dari lingkungan eksternal, dan ancaman

                     terbesar yang dihadapi.




               (4)  Siklus hidup industri
                     Konsep dari siklus hidup industry sangat terkenal di dalam manajemen strategik. Hal ini

                     sama seperti dengan perkembangan pada manusia yang dimulai dari lahir-bertumbuh-

                     dewasa-tua dan akhirnya meninggal, begitu juga dengan sebuah produk, bisnis, pasar dan
                     dalam skala yang luas-keseluruhan industri.

                     Tahapan dari siklus hidup industri adalah:
                               DOKUMEN
                     (a)  Perkenalan :sebuah produk atau jasa baru yang tersedia untuk dibeli oleh pasar.

                     (b)  Pertumbuhan : periode dimana adanya permintaan ekspansi atau aktivitas sebagai
                           indsutri menemukan sebuah pasar.
                                                     IAI
                     (c)  Kedewasaan  :  periode  yang  stabil,  adanya  sedikit  perubahan  dalam  volume

                           penjualan dari tahun ke tahun tetapi persaingan antar bisnis semakin meningkat.
                     (d)  Penurunan : penurunan tingkat aktivitas suatu bisnis dan apabila tidak ditemukan

                           penggunaan  lain  dari  produk  tersebut,  sehingga  permintaan  dapat  didorong
                           kembali.

























                            Gambar 4.5 Siklus Hidup Industri




                                                           113
   114   115   116   117   118   119   120   121   122   123   124