Page 119 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 119
Tujuan analisis ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang saat ini
mempengaruhi perusahaan dan yang kemungkinan akan menjadi signifikan di masa
mendatang. Untuk menghindari agar hal ini tidak lagi menjadi rutinitas, perusahaan harus
mengidentifikasi beberapa pengaruhi penting dari seluruh faktor yang diidentifikasi
dalam analisis, yaitu peluang utama yang ada dari lingkungan eksternal, dan ancaman
terbesar yang dihadapi.
(4) Siklus hidup industri
Konsep dari siklus hidup industry sangat terkenal di dalam manajemen strategik. Hal ini
sama seperti dengan perkembangan pada manusia yang dimulai dari lahir-bertumbuh-
dewasa-tua dan akhirnya meninggal, begitu juga dengan sebuah produk, bisnis, pasar dan
dalam skala yang luas-keseluruhan industri.
Tahapan dari siklus hidup industri adalah:
DOKUMEN
(a) Perkenalan :sebuah produk atau jasa baru yang tersedia untuk dibeli oleh pasar.
(b) Pertumbuhan : periode dimana adanya permintaan ekspansi atau aktivitas sebagai
indsutri menemukan sebuah pasar.
IAI
(c) Kedewasaan : periode yang stabil, adanya sedikit perubahan dalam volume
penjualan dari tahun ke tahun tetapi persaingan antar bisnis semakin meningkat.
(d) Penurunan : penurunan tingkat aktivitas suatu bisnis dan apabila tidak ditemukan
penggunaan lain dari produk tersebut, sehingga permintaan dapat didorong
kembali.
Gambar 4.5 Siklus Hidup Industri
113