Page 46 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 46

    Penjualan langsung.


                                         Secara  umum  terdapat  dua  strategi  dasar  untuk  melakukan

                                         promosi:
                                             Strategi tarik (pull strategy)

                                              Strategi  promosi  yang  dirancang  untuk  menarik  minat

                                              konsumen yang akan meminta produk dari peritel.
                                             Strategi dorong (push strategy)

                                              Strategi  promosi  yang  dirancang  untuk  mendorong

                                              pedagang  grosir  atau  peritel  untuk  memasarkan  produk
                                              kepada konsumen.


                               DOKUMEN                                                            harus
                                                                          promosinya,
                                                                 paket
                                                  menentukan
                                                                                         bisnis
                                         Ketika
                                         mempertimbangkan  pelanggan  dan  konsumen  utama  (pasar
                                         B2C). Di pasar B2B, bisnis harus mempertimbangkan pembeli,
                                                     IAI
                                         pelanggan, dan pengguna; mereka harus menjadi satu dan sama,

                                         tetapi jika tidak, maka ketiganya harus puas.


                             (f)   Manajemen Operasi
                                   (i)   Manajemen operasi dan produksi

                                         Manajemen  Operasi  (dahulu  disebut  dengan  produksi)  adalah
                                         usaha  untuk  membuat  barang  dan  jasa  yang  dilakukan  oleh

                                         organisasi  bisnis  untuk  memenuhi  keinginan  konsumen

                                         berdasarkan desain, implementasi dan kontrol dari suatu proses
                                         bisnis  dimana  input  (bahan  baku,  manusia,  sumber  daya  lain,

                                         informasi)  dapat  diubah  menjadi  keluaran  berupa  barang  atau

                                         jasa.


                                         Semua  operasi  melibatkan  proses  transformasi,  tetapi  dapat
                                         dibedakan dalam empat cara atau dimensi yang berbeda. Dalam

                                         manajemen operasi dikenal sebagai 4 V, yaitu: volume, variasi,



                                                              40
   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51