Page 44 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 44

Dalam  pasar  monopoli  penjual  dapat  menentukan  harga

                                              sesuai dengan yang diinginkan, biasanya hal ini, diatur dan
                                              di monitor oleh pemerintah. Sementara dalam persaingan

                                              murni,  terdiri  dari  banyak  pembeli  dan  penjual  yang
                                              memperdagangkan komoditi yang sejenis. Tidak ada satu

                                              pun pembeli dan penjual yang dapat mempengaruhi harga.

                                             Pelanggan
                                              Seperti keputusan pemasaran lainnya, maka pertimbangan

                                              tentang  ekpektasi  pelanggan  sangat  penting  dalam

                                              menetapkan  harga.  Jika  memungkinkan,  bisnis  harus
                                              menentukan  dengan  tepat  berapa  banyak  penjualan  yang

                                              akan dihasilkan dalam suatu harga tertentu.
                               DOKUMEN


                                              Tujuan penetapan harga adalah:
                                                   Untuk memaksimumkan keuntungan.
                                                IAI
                                              
                                                    Untuk memenuhi ROI.
                                              
                                                    Untuk mencapai target penjualan.


                                                    Untuk menghadapi persaingan.
                                                   Untuk mencapai target pasar.





                                   (viii) Distribusi (Place)
                                         Distribusi  adalah  suatu  perangkat  organisasi  yang  saling

                                         tergantung  dalam  menyediakan  satu  produk  atau  jasa  untuk
                                         digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis.



                                         Bentuk dasar dalam saluran pemasaran adalah saluran pemasaran
                                         langsung yang tidak mempunyai perantara, saluran ini terdiri dari

                                         perusahaan yang menjual langsung kepada konsumen.




                                                              38
   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49