Page 41 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 41

Pasar terdiri dari pembeli, dan pembeli berbeda dalam satu atau
                                         lain cara. Mereka dapat berbeda dalam keinginan, sumber daya,

                                         lokasi, sikap pembelian dan praktik pembelian. Karena pembeli
                                         mempunyai  kebutuhan  dan  keinginan  yang  unik,  maka  setiap

                                         pembeli secara potensial merupakan pasar yang terpisah.


                                         Dasar segmentasi pasar adalah sebagai berikut:

                                             Segmentasi geografik

                                              Membagi  pasar  menjadi  beberapa  unit  secara  geografik
                                              seperti negara, regional, kota dan kompleks perumahan.

                                             Segmentasi demografik
                               DOKUMEN
                                              Membagi  pasar  menjadi  kelompok  berdasarkan  pada

                                              variabel  seperti  umur  jenis  kelamin,  ukuran  keluarga,


                                                     IAI
                                              Segmentasi psikografik
                                             pendapatan, pekerjaan, agama, ras, dan kebangsaan.
                                              Membagi  pembeli  menjadi  kelompok  yang  berbeda
                                              berdasarkan pada karaktristik kelas sosial, gaya hidup, atau

                                              kepribadian.
                                             Segmentasi tingkah laku

                                              Mengelompokan pembeli  berdasarkan pada pengetahuan,
                                              sikap,  penggunaan,  atau  reaksi  mereka  terhadap  suatu

                                              produk.


                                   (v)  Orientasi pemasaran dan alternatifnya

                                         Bisnis  yang  berorientasi  pada  pemasaran  adalah  bisnis  yang

                                         menerima  kebutuhan  pelanggan  potensial  sebagai  dasar
                                         operasinya.  Keberhasilan  bisnis  yang  berorientasi  pada

                                         pemasaran dapat bergantung pada pengembangan dan pemasaran
                                         produk yang memenuhi kebutuhan tersebut.





                                                              35
   36   37   38   39   40   41   42   43   44   45   46