Page 43 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 43

lain yang digabungkan untuk memberikan manfaat produk

                                              inti, misal kendaraan merek X.
                                             Produk tambahan adalah tambahan servis dan manfaat bagi

                                              konsumen yang diberikan di sekitar produk inti dan aktual,
                                              misal garansi servis untuk kendaraan.



                                         Adapun atribut produk sangat mempengaruhi reaksi konsumen
                                         terhadap suatu produk, misalnya:

                                             Mutu produk.

                                             Kemasan.
                                             Merek.

                                             Estetika produk.
                               DOKUMEN
                                         
                                              Bauran produk.
                                              Jasa yang ditawarkan.
                                         


                                   (vii)  Harga

                                         Definisi     IAI
                                         Penetapan harga adalah jumlah uang yang ditagihkan untuk suatu

                                         produk  jasa,  jumlah  nilai  yang  dipertukarkan  konsumen  untuk
                                         manfaat memiliki atau menggunakan produk atau jasa.


                                         Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam menetapkan harga

                                             Biaya

                                              Biaya menjadi dasar bagi harga yang dapat ditetapkan oleh
                                              perusahaan     untuk   produknya.     Perusahaan    ingin

                                              menetapkan  harga  yang  menutup  semua  biaya  yang

                                              dikeluarkannya untuk memproduksi, mendistribusikan, dan
                                              menjual produk serta mengembalikan usaha dan risiko yang

                                              ditanggungnya pada tingkat menengah.
                                             Pesaing






                                                              37
   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48