Page 45 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 45

Produsen                    Konsumen


                                         Gambar 2.2.  saluran langsung


                                         Atau menggunakan perantara untuk memberikan rantai distribusi

                                         yang lebih luas


                                       Produsen          Pedagang besar    Pengecer         Konsumen

                                         Gambar 2.3. Saluran perantara


                                         Keuntungan menggunakan metode distribusi langsung adalah:

                                             Tidak perlu memperhitungkan pembagian keuntungan.
                               DOKUMEN
                                              Pengendalian penuh atas penjualan.
                                         
                                         
                                              Pengiriman menjadi lebih cepat sampai kepada konsumen.
                                         Keuntungan menggunakan saluran perantara:
                                                     IAI
                                             Lebih efisien dalam mendistribusikan barang.

                                             Biaya lebih rendah.
                                             Konsumen dapat memilih tempat tujuan penjualan.

                                             Produsen  tidak  kekurangan  sumber  daya  untuk  menjual
                                              secara langsung.

                                      .

                                   (ix)  Promosi
                                         Promosi adalah aspek bauran pemasaran yang berkaitan dengan

                                         teknik yang paling efektif dalam mengkomunikasikan informasi
                                         mengenai produk.



                                         Adapun bauran promosi adalah sebagai berikut:
                                             Iklan.

                                             Promosi penjualan.
                                             Hubungan masyarakat.

                                             Penjualan personal.



                                                              39
   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50