Page 42 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 42

Alternatif dari konsep orientasi pemasaran adalah:

                                             Konsep produksi
                                              Merupakan  suatu  falsafah  dimana  konsumen  akan

                                              menyukai  produk  yang  tersedia  dengan  harga  terjangkau
                                              serta manajemen harus berusaha keras untuk memperbaiki

                                              produksi dan efisiensi distribusi.

                                             Konsep produk
                                              Gagasan  bahwa  konsumen  akan  menyukai  produk  yang

                                              mempunyai  mutu  terbaik,  kinerja  terbaik  dan  paling

                                              inovatif serta bahwa organisasi harus mencurahkan energi
                                              untuk terus menerus melakukan perbaikan produk.

                                             Konsep penjualan
                               DOKUMEN
                                              Gagasan  bahwa  konsumen  tidak  akan  membeli  produk

                                              organisasi  dalam  jumlah  yang  cukup  kecuali  organisasi



                                              melakukan usaha penjualan dan promosi berskala besar.

                                   (vi)  Produk      IAI
                                         Definisi

                                         Produk  adalah  segala  sesuatu  yang  dapat  ditawarkan  ke  pasar
                                         untuk  mendapatkan  perhatian,  dibeli,  dipergunakan,  atau

                                         dikonsumsi  serta  dapat  memuaskan  keinginan  atau  kebutuhan
                                         pelanggan.  Produk  mencakup  obyek  secara  fisik,  jasa,  orang,

                                         tempat, organisasi dan ide.


                                         Adapun tiga elemen dari produk adalah:

                                             Produk inti adalah jasa untuk memecahkan masalah atau

                                              manfaat inti yang dicari konsumen ketika mereka membeli
                                              suatu produk, misal kendaraan.

                                             Produk  aktual  adalah  bagian  dari  produk,  tingkat  mutu,
                                              sifat,  rancangan, nama  merek, dan pengemasan dan sifat






                                                              36
   37   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47