Page 69 - CAFB Modul Hukum Bisnis dan Perpajakan
P. 69

BAB 5
                                             PERLINDUNGAN KONSUMEN




                  Pendahuluan
                  Perlindungan  konsumen  terhadap  praktek  penjualan  suatu  produk  barang/jasa  yang

                  dilekatkan dan disisipkan pada penjualan barang/jasa lainnya merupakan hal yang urgen dan

                  perlu segara ditangani. Karena isu yang berkembang sekarang, marak sekali modus penjualan
                  barang/jasa seperti ini baik itu dilakukan secara paksaan ataupun tanpa sepengetahuan dari

                  konsumen.


                  Maka dalam modul ini akan diberikan pemahaman dan penjelasan sederhana tentang hukum
                                DOKUMEN
                  perlindungan  konsumen,  meliputi  definisi  hukum  perlindungan  konsumen,  pihak-pihak
                  terkait,  konsumen,  pelaku  usaha  dan  pemerintah.  Terakhir  tentang  sengketa  konsumen,

                  perbuatan yang dilarang, sistem pembuktian terbalik, dan sanksi.

                                                       IAI
                  Dengan mempelajari modul ini pembaca diharapkan mampu mengingat dan mendefinisikan
                  tentang hukum perlindungan konsumen, memahami hak kewajiban dari para pelaku yang

                  terlibat dalam hukum perlindungan konsumen dan terakhir mengenai sengketa konsumen.
                  Sehingga pembaca mampu menerapkan dan mampu mendiskusikan hal yang berhubungan

                  dengan konteks perlindungan konsumen.


                  Tujuan Pembelajaran

                  Diharapkan peserta mampu:

                  1.    Menjelaskan pengertian perlindungan konsumen
                  2.    Memahami hak dan kewajiban konsumen dan pelaku usaha














                                                             62
   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73   74