Page 69 - CAFB Modul Hukum Bisnis dan Perpajakan
P. 69
BAB 5
PERLINDUNGAN KONSUMEN
Pendahuluan
Perlindungan konsumen terhadap praktek penjualan suatu produk barang/jasa yang
dilekatkan dan disisipkan pada penjualan barang/jasa lainnya merupakan hal yang urgen dan
perlu segara ditangani. Karena isu yang berkembang sekarang, marak sekali modus penjualan
barang/jasa seperti ini baik itu dilakukan secara paksaan ataupun tanpa sepengetahuan dari
konsumen.
Maka dalam modul ini akan diberikan pemahaman dan penjelasan sederhana tentang hukum
DOKUMEN
perlindungan konsumen, meliputi definisi hukum perlindungan konsumen, pihak-pihak
terkait, konsumen, pelaku usaha dan pemerintah. Terakhir tentang sengketa konsumen,
perbuatan yang dilarang, sistem pembuktian terbalik, dan sanksi.
IAI
Dengan mempelajari modul ini pembaca diharapkan mampu mengingat dan mendefinisikan
tentang hukum perlindungan konsumen, memahami hak kewajiban dari para pelaku yang
terlibat dalam hukum perlindungan konsumen dan terakhir mengenai sengketa konsumen.
Sehingga pembaca mampu menerapkan dan mampu mendiskusikan hal yang berhubungan
dengan konteks perlindungan konsumen.
Tujuan Pembelajaran
Diharapkan peserta mampu:
1. Menjelaskan pengertian perlindungan konsumen
2. Memahami hak dan kewajiban konsumen dan pelaku usaha
62