Page 21 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 21
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
BAB III
MENGEVALUASI LINGKUNGAN
EKSTERNAL PERUSAHAAN
3.1 Pendahuluan
Untuk menyegarkan kembali studi kita, ada hal penting yang patut dicatat dalam Bab 1 mengenai salah satu
pertanyaan sentral, yakni ‘Seperti apakah situasi perusahaan pada saat sekarang ini?’.
Umumnya ada dua fase situasi perusahaan yang paling kuat melekat, pertama, kondisi persaingan di dalam
industri di mana perusahaan tersebut beroperasi – dan inilah lingkungan eksternal, dan kedua, kemampuan
sumber daya serta organisasional perusahaan itu sendiri, atau kita sebut sebagai lingkungan internal.
Berangkat dari pemahaman tersebut, pada bab ini fokus tertuju pada bagaimana konsep-konsep serta alat
analisis untuk mendekati – atau untuk lebih memahami aspek-aspek lingkungan eksternal perusahaan
yang perlu menjadi pertimbangan pada saat menentukan pilihan-pilihan stratejik mengenai di mana serta
bagaimana perusahaan seharusnya bersaing.
3.2 Tujuan Pembelajaran DOKUMEN
IAI
Pada akhir pembelajaran modul Bab 3 ini, peserta didik diharapkan mampu:
1. Memahami dan menguasai konsep-konsep dasar serta alat analisis yang dipakai secara luas untuk
mendiagnosa kondisi persaingan dalam industri yang dimasuki perusahaan.
2. Belajar bagaimana mendiagnosa faktor-faktor yang membentuk dinamika industri serta
memprediksikan dampaknya terhadap keuntungan di masa depan sebuah perusahaan.
3. Menjadi terbiasa dan terampil dalam memetakan posisi pasar dari kelompok-kelompok pesaing
utama dalam industri tersebut.
4. Memahami mengapa evaluasi mendalam atas kekuatan serta kelemahan bisnis yang terkait dengan
kondisi-kondisi industri tertentu merupakan prasyarat yang sangat penting untuk memformulasikan
strategi yang sesuai dengan situasi eksternal.
3.3 Komponen Lingkungan Makro Perusahaan yang secara Stratejik Relevan
Sebagian besar perusahaan beroperasi dalam lingkungan yang lebih besar yang disebut ‘lingkungan makro’
yang di dalamnya terdapat tujuh komponen utama, yakni:
1. Demografi penduduk,
2. Gaya hidup dan nilai-nilai sosial,
3. Politik dan hukum,
4. Faktor regulasi, lingkungan hidup dan faktor ekologis,
5. Kondisi perekonomian secara umum, dan
6. Kekuatan global.
12 Ikatan Akuntan Indonesia