Page 21 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 21

MANAJEMEN
            STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN





                                                                                        BAB III


            MENGEVALUASI LINGKUNGAN

            EKSTERNAL PERUSAHAAN




            3.1  Pendahuluan

            Untuk menyegarkan kembali studi kita, ada hal penting yang patut dicatat dalam Bab 1 mengenai salah satu
            pertanyaan sentral, yakni ‘Seperti apakah situasi perusahaan pada saat sekarang ini?’.

            Umumnya ada dua fase situasi perusahaan yang paling kuat melekat, pertama, kondisi persaingan di dalam
            industri di mana perusahaan tersebut beroperasi – dan inilah lingkungan eksternal, dan kedua, kemampuan
            sumber daya serta organisasional perusahaan itu sendiri, atau kita sebut sebagai lingkungan internal.

            Berangkat dari pemahaman tersebut, pada bab ini fokus tertuju pada bagaimana konsep-konsep serta alat
            analisis untuk mendekati – atau untuk lebih memahami aspek-aspek lingkungan eksternal perusahaan
            yang perlu menjadi pertimbangan pada saat menentukan pilihan-pilihan stratejik mengenai di mana serta
            bagaimana perusahaan seharusnya bersaing.
            3.2  Tujuan Pembelajaran DOKUMEN







                                                     IAI
            Pada akhir pembelajaran modul Bab 3 ini, peserta didik diharapkan mampu:
            1.   Memahami dan menguasai konsep-konsep dasar serta alat analisis yang dipakai secara luas untuk
                 mendiagnosa kondisi persaingan dalam industri yang dimasuki perusahaan.
            2.   Belajar bagaimana mendiagnosa faktor-faktor yang membentuk dinamika industri serta
                 memprediksikan  dampaknya terhadap keuntungan di masa depan sebuah perusahaan.
            3.   Menjadi terbiasa dan terampil dalam memetakan posisi pasar dari kelompok-kelompok pesaing
                 utama dalam industri tersebut.
            4.   Memahami mengapa evaluasi mendalam atas kekuatan serta kelemahan bisnis yang terkait dengan
                 kondisi-kondisi industri tertentu merupakan prasyarat yang sangat penting untuk memformulasikan
                 strategi yang sesuai dengan situasi eksternal.





            3.3  Komponen Lingkungan Makro Perusahaan yang secara Stratejik Relevan

            Sebagian besar perusahaan beroperasi dalam lingkungan yang lebih besar yang disebut ‘lingkungan makro’
            yang di dalamnya terdapat tujuh komponen utama, yakni:

            1.   Demografi penduduk,
            2.   Gaya hidup dan nilai-nilai sosial,
            3.   Politik dan hukum,
            4.   Faktor regulasi, lingkungan hidup dan faktor ekologis,
            5.   Kondisi perekonomian secara umum, dan
            6.   Kekuatan global.






     12      Ikatan Akuntan Indonesia
   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26