Page 23 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 23
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
3.6 Kekuatan Daya Saing Apa Yang Dihadapi Perusahaan dan Seberapa Kuatkah Mereka?
Dalam bagian ini kita akan mempelajari lima kekuatan kompetitif yang dihadapi perusahaan-perusahaan
dalam suatu industri, seperti:
1. Tekanan kompetitif yang diciptakan melalui persaingan di antara para penjual
2. Tekanan kompetitif yang terkait dengan ancaman dari pemain-pemain baru yang masuk ke pasar
3. Tekanan kompetitif yang datang dari penjual produk substitusi
4. Tekanan kompetitif yang muncul dari daya tawar para pemasok
5. Tekanan kompetitif yang muncul dari daya tawar dan sensitivitas harga para pembeli
Sebagai penutup pada bagian ini, kita dihadapkan pada dua hal. Pertama yakni sebuah pertanyaan: apakah
gabungan dari lima kekuatan kompetitif tersebut berpengaruh kondusif terhadap keuntungan (profit)
yang bagus? Hal kedua, kita akan dibawa dalam sebuah kajian kritis bagaimana menyesuaikan strategi
perusahaan dengan kondisi-kondisi kompetitif yang ada berdasarkan lima kekuatan kompetitif yang sudah
dibahas pada awal bagian ini.
3.7 Faktor Apa Saja yang Mendorong Perubahan Pada Industri, dan Seperti Apakah
Dampaknya?
DOKUMEN
Pada bagian ini kita akan belajar memahami bahwa meskipun penting untuk menelaah sifat serta tingkatan
kekuatan kompetitif dalam industri, kita tetap harus memahami fakta yang lain bahwa intensitas kekuatan
kompetitif tersebut sangat mudah berubah.
IAI
Secara alamiah, semua industri terpengaruh oleh perkembangan baru serta tren-tren yang merubah kondisi
industri. Untuk itu kita diajak untuk melakukan beberapa hal, seperti:
1. Menganalisa dinamika industri,
2. Mengidentifikasi penyebab perubahan-perubahan dalam industri,
3. Melakukan observasi atas dampak beberapa hal yang menyebabkan perubahan dalam industri, dan
4. Mengembangkan sebuah strategi yang mempertimbangkan perubahan lingkungan industri.
3.8 Bagaimana para Pesaing dalam Industri Diposisikan – Siapa yang Berpengaruh Kuat,
dan Siapakah yang Tidak terlalu Berpengaruh?
Perusahaan-perusahaan yang bersaing umumnya menjual produk mereka dengan kisaran harga atau
kualitas yang berbeda, menekankan pada saluran distribusi yang juga berbeda, mengkombinasikan fitur-
fitur yang ada pada produk/jasa mereka untuk menarik minat pembeli, serta cakupan geografis yang sudah
ditentukan. Hal inilah yang membuat beberapa perusahaan tertentu menikmati posisi pasar yang lebih
menarik dan dominan.
Pada bagian ini, untuk lebih memahami mana perusahaan yang dengan posisi pasar dominan serta mana
yang tidak, kita perlu mempelajari struktur daya saing sebuah industri. Teknik yang selama ini dianggap
sangat mampu untuk menganalisis hal tersebut adalah melalui Pemetaan Kelompok Stratejik (Strategic
Group Mapping).
14 Ikatan Akuntan Indonesia