Page 24 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 24

MANAJEMEN
                                                                                     STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN





               Pada bagian ini kita akan melakukan analisis seperti:

               1.   Memanfaatkan peta Kelompok Stratejik untuk meneliti posisi pasar dari para pesaing utama.
               2.   Mengambil intisari yang dapat kita pelajari dari Peta Kelompok Stratejik.





               3.9  Apakah Tindakan-Tindakan Stratejik yang akan dilakukan para Pesaing?

               Pada bagian ini kita diajak untuk menelusuri apa yang ada di benak para pesaing. Perusahaan perlu
               memberikan perhatian pada tindakan dan strategi apa saja yang mungkin dilakukan oleh para pesaing.
               Cara yang paling lazim digunakan adalah melalui aktivitas ‘competitive intelligence’ terhadap strategi pesaing
               serta tindakan yang mereka lakukan beberapa waktu terakhir, pengumuman serta laporan kinerja keuangan
               mereka, kekuatan serta kelemahan mereka, gaya kepemimpinan para top management-nya.

               Melalui pendekatan tadi, kita diajak untuk lebih teliti terhadap sinyal-sinyal para pesaing dalam menentukan
               langkah berikutnya. Sebagai contoh, pesaing dengan kinerja keuangan yang baik akan memiliki lebih
               banyak opsi untuk memperkuat posisi mereka di pasar. Contoh lain adalah dari pernyataan para petinggi
               perusahaan dalam sebuah press release yang dapat menyiratkan suatu langkah atau tindakan yang sebentar
               lagi akan mereka lakukan.
                               DOKUMEN



               3.10  Faktor Utama Apa Saja yang Mendorong Keberhasilan Kompetitif Masa Depan?


                                                     IAI
               Faktor sukses utama sebuah industri merupakan faktor kompetitif yang berdampak langsung pada
               kemampuan pemain-pemain di industri tersebut untuk tetap bertahan hidup dan bertumbuh di pasar.

               Lepas dari keadaan di sekitarnya, faktor sukses utama perusahaan dapat digali melalui tiga pertanyaan
               sebagai berikut:
               1.   Atas dasar apa pembeli memilih produk di antara produk-produk serupa yang bersaing dalam
                    industri?
               2.   Sumber daya serta kemampuan bersaing apa saja yang harus dimiliki sebuah perusahaan untuk
                    berhasil?
               3.   Masalah apa yang dapat muncul yang menyebabkan perusahaan mengalami ketidak-unggulan dalam
                    persaingan?





























                                                                                    Ikatan Akuntan Indonesia      15
   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29