Page 22 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 22
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
Ke tujuh komponen tersebut dinilai sebagai komponen yang relevan secara stratejik karena sangat
berpengaruh terhadap setiap perumusan keputusan yang segera akan diambil oleh perusahaan terkait
dengan ke empat hal lainnya, yakni: arah, tujuan, strategi dan model bisnis perusahaan tersebut.
Pengaruh yang secara stratejik relevan datang dari lingkaran terluar, lingkungan eksternal dapat secara kuat
dan langsung berpengaruh pada situasi perusahaan, dan dapat merubah arah serta strategi perusahaan
tersebut. Pada bahasan ini ke tujuh komponen yang secara stratejik relevan akan dibahas secara lebih detil.
3.4 Berpikir Secara Stratejik Tentang Industri serta Lingkungan Kompetitif Perusahaan
Peserta didik akan dibawa ke dalam pertanyaan spesifik untuk mencoba memahami bagaimana lingkungan
kompetitif perusahaan sangat dipengaruhi oleh lingkungan makro, serta bagaimana para manajer perusahaan
dihadapkan pada pilihan strategi berdasarkan dampak yang mungkin ditimbulkan oleh lingkungan makro
tersebut.
Pertanyaan-pertanyaan spesifik tersebut adalah:
1. Apakah suatu industri menawarkan peluang yang menarik bagi pertumbuhan?
DOKUMEN
2. kekuatan daya saing apa yang dihadapi perusahaan dan seberapa kuatkah mereka?
3. faktor apa saja yang mendorong perubahan pada industri, dan bagaimana dampaknya?
4. Bagaimana para pesaing dalam industri diposisikan – siapa yang berpengaruh kuat, dan siapa yang
tidak terlalu berpengaruh?
5. Apakah tindakan-tindakan stratejik yang akan dilakukan para pesaing?
IAI
6. Faktor utama apa saja yang mendorong keberhasilan kompetitif masa depan?
7. Apakah industri menawarkan prospek yang baik untuk mencapai keuntungan yang menarik?
3.5 Apakah Suatu Industri Menawarkan Peluang yang Menarik bagi Pertumbuhan?
Meskipun pertumbuhan bisnis tidak serta merta menjamin kepastian keuntungan, namun dalam menjawab
pertanyaan apakah suatu industri dapat menawarkan prospek keuntungan yang menarik harus diawali
dengan pertanyaan apakah industri tersebut menawarkan peluang-peluang yang baik bagi perusahaan
untuk mengalami pertumbuhan.
Kita akan diajarkan bahwa dua indikator kunci sebuah industri, yakni ukuran pasar serta tingkat
pertumbuhan dapat berbeda-beda karena siklus kehidupan sebuah industri (industry life cycle) secara
umum mengikuti pola tertentu yang diawali oleh masa pengembangan hingga masa kematangan, seperti:
kemunculan, pertumbuhan cepat, masa stabil dan matang, hingga mulai redup.
Ikatan Akuntan Indonesia 13