Page 22 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 22

MANAJEMEN
                                                                                     STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN





               Ke tujuh komponen tersebut dinilai sebagai komponen yang relevan secara stratejik karena sangat
               berpengaruh  terhadap  setiap  perumusan  keputusan  yang  segera  akan  diambil  oleh  perusahaan  terkait
               dengan ke empat hal lainnya, yakni: arah, tujuan, strategi dan model bisnis perusahaan tersebut.

               Pengaruh yang secara stratejik relevan datang dari lingkaran terluar, lingkungan eksternal dapat secara kuat
               dan langsung berpengaruh pada situasi perusahaan, dan dapat merubah arah serta strategi perusahaan
               tersebut. Pada bahasan ini ke tujuh komponen yang secara stratejik relevan akan dibahas secara lebih detil.





               3.4  Berpikir Secara Stratejik Tentang Industri serta Lingkungan Kompetitif Perusahaan

               Peserta didik akan dibawa ke dalam pertanyaan spesifik untuk mencoba memahami bagaimana lingkungan
               kompetitif perusahaan sangat dipengaruhi oleh lingkungan makro, serta bagaimana para manajer perusahaan
               dihadapkan pada pilihan strategi berdasarkan dampak yang mungkin ditimbulkan oleh lingkungan makro
               tersebut.

               Pertanyaan-pertanyaan spesifik tersebut adalah:

               1.   Apakah suatu industri menawarkan peluang yang menarik bagi pertumbuhan?
                               DOKUMEN
               2.   kekuatan daya saing apa yang dihadapi perusahaan dan seberapa kuatkah mereka?
               3.   faktor apa saja yang mendorong perubahan pada industri, dan bagaimana dampaknya?
               4.   Bagaimana para pesaing dalam industri diposisikan – siapa yang berpengaruh kuat, dan siapa yang
                    tidak terlalu berpengaruh?
               5.   Apakah tindakan-tindakan stratejik yang akan dilakukan para pesaing?
                                                     IAI
               6.   Faktor utama apa saja yang mendorong keberhasilan kompetitif masa depan?
               7.   Apakah industri menawarkan prospek yang baik untuk mencapai keuntungan yang menarik?





               3.5  Apakah Suatu Industri Menawarkan Peluang yang Menarik bagi Pertumbuhan?

               Meskipun pertumbuhan bisnis tidak serta merta menjamin kepastian keuntungan, namun dalam menjawab
               pertanyaan apakah suatu industri dapat menawarkan prospek keuntungan yang menarik harus diawali
               dengan pertanyaan apakah industri tersebut menawarkan peluang-peluang yang baik bagi perusahaan
               untuk mengalami pertumbuhan.

               Kita akan diajarkan bahwa dua indikator kunci sebuah industri, yakni ukuran pasar serta tingkat
               pertumbuhan dapat berbeda-beda karena siklus kehidupan sebuah industri (industry life cycle) secara
               umum mengikuti pola tertentu yang diawali oleh masa pengembangan hingga masa kematangan, seperti:
               kemunculan, pertumbuhan cepat, masa stabil dan matang, hingga mulai redup.






















                                                                                    Ikatan Akuntan Indonesia      13
   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27