Page 27 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 27
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
BAB IV
MENGEVALUASI SUMBER DAYA,
KAPABILITAS, DAN DAYA SAING PERUSAHAAN
4.1 Pendahuluan
Jika dalam bab sebelumnya kita mendeskripsikan bagaimana cara menggunakan alat atau perangkat analisa
industri untuk mengases potensi laba serta faktor kunci keberhasilan lingkungan eksternal perusahaan, maka
pada Bab 4 ini kita banyak mendiskusikan teknik-teknik untuk mengevaluasi situasi internal perusahaan,
termasuk di antaranya mengenai sumber dayanya, kapabilitasnya, serta aktivitas-aktivitas yang dilakukan
perusahaan berdasarkan mata rantai nilainya.
Analisa internal membantu para manajer untuk menentukan apakah strategi mereka memiliki prospek
yang menjanjikan untukmemberikan perusahaan tingkat keunggulan kompetitif yang signifikan dibanding
para pesaingnya. Analisis pokok mengenai hal tersebut akan diuji melalui enam pertanyaan seperti:
1. Seberapa bagus strategi perusahaan saat ini berjalan?
DOKUMEN
2. Apa saja yang menjadi kapabilitas dan sumberdaya paling penting dan kompetitif perusahaan saat ini?
3. Apakah perusahaan mampu untuk mengambil keuntungan dari peluang-peluang pasar serta mampu
mengatasi ancaman-ancaman eksternalnya?
4. Apakah biaya dan harga yang dipatok perusahaan cukup bersaing bila dibandingkan dengan para
pesaing utama, dan apakah perusahaan tersebut memiliki proposisi nilai yang menarik bagi para
IAI
pelanggan?
5. Apakah perusahaan lebih kuat atau lebih lemah daripada pesaing-pesaing utamanya?
6. Isu-isu stratejik serta permasalahan-permasalahan utama apa yang sangat memerlukan perhatian
besar para manajer?
4.2 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran modul Bab 4 ini, peserta didik diharapkan mampu:
1. Mempelajari Seberapa Baik Strategi Perusahaan Diimplementasikan.
2. Memahami mengapa kemapuan serta sumberdaya perusahaan menjadi sangat penting bagi
pendekatan stratejik-nya, dan bagaimana mengevaluasi potensi-potensi mereka yang dapat memberi
keunggulan perusahaan terhadap para pesaingnya.
3. Menemukan cara menganalisa kekuatan dan kelemahan perusahaan di tengah-tengah peluang pasar
serta ancaman eksternal.
4. Mencoba memahami bagaimana aktivitas-aktivitas mata rantai nilai perusahaan dapat mempengaruhi
struktur biaya, derajat diferensiasi dan keunggulan kompetitif perusahaan.
5. Memahami bagaimana evaluasi menyeluruh dari situasi keunggulan perusahaan dapat memandu
para manajer dalam membuat keputusan-keputusan kritis akan tindakan-tindakan stratejik mereka
berikutnya.
18 Ikatan Akuntan Indonesia