Page 27 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 27

MANAJEMEN
            STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN





                                                                                        BAB IV


            MENGEVALUASI SUMBER DAYA,

            KAPABILITAS, DAN DAYA SAING PERUSAHAAN




            4.1  Pendahuluan

            Jika dalam bab sebelumnya kita mendeskripsikan bagaimana cara menggunakan alat atau perangkat analisa
            industri untuk mengases potensi laba serta faktor kunci keberhasilan lingkungan eksternal perusahaan, maka
            pada Bab 4 ini kita banyak mendiskusikan teknik-teknik untuk mengevaluasi situasi internal perusahaan,
            termasuk di antaranya mengenai sumber dayanya, kapabilitasnya, serta aktivitas-aktivitas yang dilakukan
            perusahaan berdasarkan mata rantai nilainya.
            Analisa internal membantu para manajer untuk menentukan apakah strategi mereka memiliki prospek
            yang menjanjikan untukmemberikan perusahaan tingkat keunggulan kompetitif yang signifikan dibanding
            para pesaingnya. Analisis pokok mengenai hal tersebut akan diuji melalui enam pertanyaan seperti:

            1.   Seberapa bagus strategi perusahaan saat ini berjalan?
                               DOKUMEN
            2.   Apa saja yang menjadi kapabilitas dan sumberdaya paling penting dan kompetitif perusahaan saat ini?
            3.   Apakah perusahaan mampu untuk mengambil keuntungan dari peluang-peluang pasar serta mampu
                 mengatasi ancaman-ancaman eksternalnya?
            4.   Apakah biaya dan harga yang dipatok perusahaan cukup bersaing bila dibandingkan dengan para
                 pesaing utama, dan apakah perusahaan tersebut memiliki proposisi nilai yang menarik bagi para
                                                     IAI
                 pelanggan?
            5.   Apakah perusahaan lebih kuat atau lebih lemah daripada pesaing-pesaing utamanya?
            6.   Isu-isu  stratejik  serta  permasalahan-permasalahan  utama  apa  yang  sangat  memerlukan  perhatian
                 besar para manajer?





            4.2  Tujuan Pembelajaran

            Pada akhir pembelajaran modul Bab 4 ini, peserta didik diharapkan mampu:

            1.   Mempelajari Seberapa Baik Strategi Perusahaan Diimplementasikan.
            2.   Memahami mengapa kemapuan serta sumberdaya perusahaan menjadi sangat penting bagi
                 pendekatan stratejik-nya, dan bagaimana mengevaluasi potensi-potensi mereka yang dapat memberi
                 keunggulan perusahaan terhadap para pesaingnya.
            3.   Menemukan cara menganalisa kekuatan dan kelemahan perusahaan di tengah-tengah peluang pasar
                 serta ancaman eksternal.
            4.   Mencoba memahami bagaimana aktivitas-aktivitas mata rantai nilai perusahaan dapat mempengaruhi
                 struktur biaya, derajat diferensiasi dan keunggulan kompetitif perusahaan.
            5.   Memahami bagaimana evaluasi menyeluruh dari situasi keunggulan perusahaan dapat memandu
                 para manajer dalam membuat keputusan-keputusan kritis akan tindakan-tindakan stratejik mereka
                 berikutnya.











     18      Ikatan Akuntan Indonesia
   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32