Page 57 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 57
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
8.9 Mengkombinasikan Strategi Bisnis Yang Berkaitan dan Yang Tak Berkaitan
Pada dasarnya tak ada yang akan menghalangi perusahaan untuk mendifersifikasikan bisnisnya melalui
bisnis lain baik yang berkaitan maupun tidak. Bahkan pada praktiknya yang umum, banyak perusahaan
yang memoles bisnisnya dengan difersifikasi berbeda-beda.Beberapa diantaranya melakukan difersifikasi
dan menjadi pemain global yang sangat kuat.
Para peserta didik akan diajak untuk melihat bahwa selalu ada celah bagi perusahaan-perusahaan untuk
menyesuaikan strategi-strategi difersifikasi mereka dengan cara memasukkan elemen-elemen difersifikasi
baik yang berkaitan maupun tidak berkaitan dengan bisnis mereka yang sudah ada.
8.10 Mengevaluasi Strategi Perusahaan Yang Melakukan Difersifikasi
Analisis strategik atas perusahaan-perusahaan yang melakukan difersifikasi dibangun atas dasar konsep-
konsep serta metoda-metoda yang digunakan bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki hanya satu lini
usaha.
Namun demikian ada aspek-aspek lain yang layak dipertimbangkan di samping beberapa alat analisis yang
DOKUMEN
perlu dipelajari. Intinya, prosedur untuk mengevaluasi plus-minus dari strategi perusahaan yang melakukan
difersifikasi, serta memutuskan tindakan-tindakan apa saja yang akan diambil untuk memperbaiki kinerja
perusahaan melibatkan enam langkah, yakni:
a. Langkah Pertama: Mengevaluasi Daya Tarik Industri
IAI
b. Langkah Kedua: Mengevaluasi Kekuatan daya Saing Unit Usaha
c. Langkah Ketiga: Mengecek Potensi Keunggulan Kompetitif Kesesuaian Strategik Lintas Bisnis
d. Langkah Keempat: Mengecek Kesesuaian Sumberdaya
e. Langkah Kelima: Memeringkat Prospek Kinerja Unit Usaha dan Memilih Prioritas Alokasi Sumberdaya
f. Langkah Keenam: Menciptakan Tindakan-Tindakan Strategik Yang Baru Untuk memperbaiki Kinerja
Perusahaan Secara Keseluruhan
Bab 8 ini ditutup dengan catatan penting, dimana manajemen bisa saja memutuskan kembali ke strategi
difersifikasi yang lebih menyempit, terutama bila sudah ditarik kesimpulan bahwa strategi difersifikasi
yang selama ini telah diambil terlalu lebar rentang cakupannya, dan pada saat yang sama kesimpulan lain
merujuk pada saran agar perusahaan cukup berkonsentrasi saja membangun posisi yang lebih kuat dalam
beberapa – tak perlu terlalu banyak – lini usaha utama.
48 Ikatan Akuntan Indonesia