Page 57 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 57

MANAJEMEN
            STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN





            8.9  Mengkombinasikan Strategi Bisnis Yang Berkaitan dan Yang Tak Berkaitan

            Pada dasarnya tak ada yang akan menghalangi perusahaan untuk mendifersifikasikan bisnisnya melalui
            bisnis lain baik yang berkaitan maupun tidak. Bahkan pada praktiknya yang umum, banyak perusahaan
            yang memoles bisnisnya dengan difersifikasi berbeda-beda.Beberapa diantaranya melakukan difersifikasi
            dan menjadi pemain global yang sangat kuat.
            Para peserta didik akan diajak untuk melihat bahwa selalu ada celah bagi perusahaan-perusahaan untuk
            menyesuaikan strategi-strategi difersifikasi mereka dengan cara memasukkan elemen-elemen difersifikasi
            baik yang berkaitan maupun tidak berkaitan dengan bisnis mereka yang sudah ada.





            8.10  Mengevaluasi Strategi Perusahaan Yang Melakukan Difersifikasi

            Analisis strategik atas perusahaan-perusahaan yang melakukan difersifikasi dibangun atas dasar konsep-
            konsep serta metoda-metoda yang digunakan bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki hanya satu lini
            usaha.

            Namun demikian ada aspek-aspek lain yang layak dipertimbangkan di samping beberapa alat analisis yang
                               DOKUMEN
            perlu dipelajari. Intinya, prosedur untuk mengevaluasi plus-minus dari strategi perusahaan yang melakukan
            difersifikasi, serta memutuskan tindakan-tindakan apa saja yang akan diambil untuk memperbaiki kinerja
            perusahaan melibatkan enam langkah, yakni:

            a.   Langkah Pertama: Mengevaluasi Daya Tarik Industri
                                                     IAI
            b.   Langkah Kedua: Mengevaluasi Kekuatan daya Saing Unit Usaha
            c.   Langkah Ketiga: Mengecek Potensi Keunggulan Kompetitif Kesesuaian Strategik Lintas Bisnis
            d.   Langkah Keempat: Mengecek Kesesuaian Sumberdaya
            e.   Langkah Kelima: Memeringkat Prospek Kinerja Unit Usaha dan Memilih Prioritas Alokasi Sumberdaya
            f.   Langkah Keenam: Menciptakan Tindakan-Tindakan Strategik Yang Baru Untuk memperbaiki Kinerja
                 Perusahaan Secara Keseluruhan
            Bab 8 ini ditutup dengan catatan penting, dimana manajemen bisa saja memutuskan kembali ke strategi
            difersifikasi yang lebih menyempit, terutama bila sudah ditarik kesimpulan bahwa strategi difersifikasi
            yang selama ini telah diambil terlalu lebar rentang cakupannya, dan pada saat yang sama kesimpulan lain
            merujuk pada saran agar perusahaan cukup berkonsentrasi saja membangun posisi yang lebih kuat dalam
            beberapa – tak perlu terlalu banyak – lini usaha utama.





























     48      Ikatan Akuntan Indonesia
   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62