Page 53 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 53
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
BAB VIII
STRATEGI PERUSAHAAN:
DIFERSIFIKASI DAN PERUSAHAAN MULTI-BISNIS
8.1 Pendahuluan
Pada Bab 8 ini kita akan menapak lebih tinggi pada hirarki pembuatan strategi, mulai dari pembuatan
strategi perusahaan dengan bisnis tunggal menuju pembuatan strategi dengan multi-bisnis. Karena
perusahaan yang melakukan difersifikasi adalah sebuah kumpulan bisnis yang masing-masing mandiri,
proses pembuatan strategi untuk perusahaan yang memiliki berbagai lini usaha menjadi lebih kompleks.
Bila manajer cukup berfokus pada satu strategi satu perusahaan dengan bisnis tunggal, maka dalam
perusahaan dengan lini bisnis para manajer akan mempersiapkan rencana strategi yang lebih beragam,
termasuk melakukan asessment pada lingkungan multi-industri serta mengembangkan satu set strategi
bisnis yang spesifik untuk masing-masing lini usahanya.
Peserta didik akan diajak memahami bahwa tugas untuk mempersiapkan keseluruhan strategi dari
perusahaan yang melakukan difersifikasi jatuh pada manajemen puncak yang juga melibatkan empat
pertimbangan, yakni: DOKUMEN
a. Memilih industri yang baru untuk dimasuki serta memutuskan dengan cara apa erusahaan akan masuk
ke industri tersebut.
IAI
b. Mencari segala peluang untuk mengoptimalkan hubungan matarantai nilai lintas-usaha serta kesesuaian
strategi ke dalam keunggulan kompetitif.
c. Memilih prioritas investasi dan mengendalikan sumberdaya perusahaan ke dalam unit bisnis yang
paling atraktif.
d. Memulai aktifitas-aktifitas untuk meningkatkan kinerja bisnis-bisnis perusahaan.
8.2 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran modul Bab 8 ini, peserta didik diharapkan mampu:
1. Memahami kapan dan bagaimana difersifikasi bisnis dapat meningkatkan nilai pemegang saham.
2. Mendapatkan pemahaman akan bagaimana strategi-strategi yang terkait dengan difersifikasi dapat
menghasilkan kesesuaian strategik lintas usaha yang mampu memberikan keunggulan kompetitif.
3. Menjadi lebih menyadari manfaat dan resiko strategi perusahaan yang dilekatkan pada difersifikasi
yang tak berkaitan dengan bisnis yang ada.
4. Mampu menguasai perangkat atau alat analisis untuk mengevaluasi strategi difersifikasi perusahaan.
5. Memahami empat pilihan utama strategi perusahaan yang berdifersifikasi dalam memantapkan strategi
difersifikasinya serta memperbaiki kinerja perusahaan.
44 Ikatan Akuntan Indonesia