Page 53 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 53

MANAJEMEN
            STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN





                                                                                    BAB VIII


            STRATEGI PERUSAHAAN:

            DIFERSIFIKASI DAN PERUSAHAAN MULTI-BISNIS




            8.1  Pendahuluan

            Pada Bab 8 ini kita akan menapak lebih tinggi pada hirarki pembuatan strategi, mulai dari pembuatan
            strategi  perusahaan  dengan  bisnis  tunggal  menuju  pembuatan  strategi  dengan  multi-bisnis.  Karena
            perusahaan yang melakukan difersifikasi adalah sebuah kumpulan bisnis yang masing-masing mandiri,
            proses pembuatan strategi untuk perusahaan yang memiliki berbagai lini usaha menjadi lebih kompleks.

            Bila manajer cukup berfokus pada satu strategi satu perusahaan dengan bisnis tunggal, maka dalam
            perusahaan dengan lini bisnis para manajer akan mempersiapkan rencana strategi yang lebih beragam,
            termasuk melakukan asessment pada lingkungan multi-industri serta mengembangkan satu set strategi
            bisnis yang spesifik untuk masing-masing lini usahanya.

            Peserta didik akan diajak memahami bahwa tugas untuk mempersiapkan keseluruhan strategi dari
            perusahaan yang melakukan difersifikasi jatuh pada manajemen puncak yang juga melibatkan empat
            pertimbangan, yakni: DOKUMEN

            a.  Memilih industri yang baru untuk dimasuki serta memutuskan dengan cara apa erusahaan akan masuk
                ke industri tersebut.
                                                     IAI
            b.  Mencari segala peluang untuk mengoptimalkan hubungan matarantai nilai lintas-usaha serta kesesuaian
                strategi ke dalam keunggulan kompetitif.
            c.  Memilih prioritas investasi dan mengendalikan sumberdaya perusahaan ke dalam unit bisnis yang
                paling atraktif.
            d.  Memulai aktifitas-aktifitas untuk meningkatkan kinerja bisnis-bisnis perusahaan.




            8.2  Tujuan Pembelajaran

            Pada akhir pembelajaran modul Bab 8 ini, peserta didik diharapkan mampu:

            1.  Memahami kapan dan bagaimana difersifikasi bisnis dapat meningkatkan nilai pemegang saham.
            2.  Mendapatkan pemahaman akan bagaimana strategi-strategi yang terkait dengan difersifikasi dapat
                menghasilkan kesesuaian strategik lintas usaha yang mampu memberikan keunggulan kompetitif.
            3.  Menjadi lebih menyadari manfaat dan resiko strategi perusahaan yang dilekatkan pada difersifikasi
                yang tak berkaitan dengan bisnis yang ada.
            4.  Mampu menguasai perangkat atau alat analisis untuk mengevaluasi strategi difersifikasi perusahaan.
            5.  Memahami empat pilihan utama strategi perusahaan yang berdifersifikasi dalam memantapkan strategi
                difersifikasinya serta memperbaiki kinerja perusahaan.















     44      Ikatan Akuntan Indonesia
   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58