Page 60 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 60

MANAJEMEN
                                                                                     STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN





               9.4  Dari Mana Asal Muasal Standar Etika – Apakah Standar Itu Universal, ataukah tergantung
                    Pada Norma Lokal?

               Penilaian soal benar atau salah, adil atau tidak adil, etis atau tidak etis, selalu ada di dalam setiap kultur
               masyarakat. Namun demikian ada tiga (3) teori – atau pendekatan – tentang bagaimana standar etika
               bergerak dari satu bangsa ke bangsa yang lain serta apakah perusahaan-perusahaan multinasional mampu
               menerapkan paket standar etika yang sama di manapun mereka beroperasi.

               Peserta didik akan diajak menelaah lebih lanjut mengenai ke tiga (3) teori atau pendekatan tersebut, yakni:

               1.   Teori Etika Universal
               2.   Teori Etika Relatif
               3.   Teori Etika dan Kontrak Sosial Integratif (yang mengambil posisi tengah di antara Teori Etika Universal
                    dan Teori Etika Relatif)





               9.5  Bagaimana dan Mengapa Standar Etika Berdampak pada Proses Pengembangan serta
                    Pelaksanaan Strategi?

                               DOKUMEN
               Pada bagian ini para peserta didik akan mempelajari bagaimana banyak perusahaan mengakui bahwa
               mereka memiliki kewajiban berbisnis dengan etis, bahkan sebagian di antaranya secara terang-terangan
               menyebutkan ‘pernyataan nilai’ (value statement) yang resmi dan terbuka kepada publik.

               Namun demikian ada perbedaan besar antara perusahaan yang memiliki acuan beretika dalam bisnis yang
                                                     IAI
               sifatnya hanya untuk pencitraan saja, dengan perusahaan yang benar-benar menerapkan standar etika dalam
               menjalankan bisnis. Setidaknya melalui bagian ini peserta didik akan diajak untuk menguji apakah standar
               etika benar-benar menjadi acuan dalam mengembangkan serta menjalankan strategi bisnis perusahaan,
               seperti:

               1.   Apakah strategi yang dikembangkan tetap sesuai dengan standar etika berbisnis kita? Apakah dari
                    strategi-strategi tersebut ada yang masih bersifat ‘abu-abu’?
               2.   Apakah tindakan-tindakan yang akan diambil selaras dengan nilai-nilai utama yang kita junjung?
                    Apakah ada potensi konflik atau masalah yang dari awal sudah kelihatan?
               3.   Apakah dari rencana-rencana tindakan (strategi) tersebut ada yang berpotensi secara etis tidak dapat
                    diterima? Apakah para pemangku kepentingan, competitor, dan lembaga pemerintah yang mengawasi
                    bisnis perusahaan kita juga berpotensi tidak dapat menerima tindakan yang berpotensi tidak etis
                    tersebut?





               9.6  Apa Sajakah Faktor Pendorong Strategi yang Tidak Etis serta Perilaku Berbisnis?

               Pada bagian ini para peserta didik akan belajar pada fenomena saling bertentangannya standar-standar
               etika bisnis yang berbeda-beda. Dengan melihat fenomena tersebut, dapat dikatakan bahwa ketiadaan
               panduan moral yang efektif dalam urusan-urusan bisnis ikut menentukan terjadinya fenomena tersebut,
               yang sekaligus menjawab mengapa elemen-elemen tertentu dari strategi bisnis perusahaan mungkin saja
               memang tidak beretika.









                                                                                    Ikatan Akuntan Indonesia      51
   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65