Page 66 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 66
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
Para manajer perusahaan akan mengerahkan seluruh sumber daya serta kapabilitas perusahaan dalam
bentuk aktifitas-aktifitas yangmenciptakan nilai. Namun langkah pertama yang harus dilakukan adalah
memastikan bahw sumber daya serta kapabilitas yang diperlukan memang telah tersedia, selalu diperbaharui,
dan ditingkatkan kualitasnya.
Dalam bagian ini akan di bahas juga mengenai tiga pendekatan untuk membangun serta memperkuat
kapabilitas perusahaan, yakni:
1. Mengembangkan kapabilitas secara internal
2. Memperoleh kapabilitas melalui merger dan akuisisi
3. Mengases kapabilitas melalui kerjasama kemitraan
Hal lain yang akan turut dibahas dalam bagian ini adalah bagaimana perusahaan meningkatkan ketrampilan
karyawan serta sumber-sumber daya pengetahuan yang lain, dan pembahasan mengenai kemampuan
mengimplementasikan strategi serta keunggulan kompetitif.
10.7 Mengorganisasikan Daya Upaya Kerja Dengan Struktur Organisasi Yang Suportif
DOKUMEN
Setiap struktur organisasi perusahaan adalah produk dari situasi dan kondisi yang ada di perusahaan itu, dan
biasanya merefleksikan pola-pola organisasional sebelumnya, perbedaan-perbedaan kondisi internalnya,
penilaian para eksekutifnya mengenai hubungan siapa melapor siapa, serta ‘politik’ di dalam perusahaan
yang umumnya merefleksikan ‘siapa mendapatkan tugas apa’.
Pada kenyataannya setiap strategi didasarkan pada kapabilitas organisasionalnya sendiri, dan juga
IAI
aktivitas-aktivitas mata rantai nilainya. Bagian ini secara detil membahas strukturisasi upaya kerja untuk
mempromosikan pengimplementasian strategi perusahaan yang berhasil, yakni:
1. Memutuskan aktifitas-aktifitas mata rantai nilai yang mana yang akan dijalankan secara internal, dan
mana yang harus diambil dari luar (outsource).
2. Menyelaraskan struktur organisasi dengan strategi perusahaan.
3. Memutuskan seberapa besar tingkat otoritas pada level pucuk pimpinan untuk melakukan sentralisasi,
dan seberapa besar tingkat pendelegasian yang akan diserahkan pada level manajer dan staf.
4. Memfasilitasi kerjasama dengan mitra-mitra eksternal dan mitra-mitra strategik.
Ikatan Akuntan Indonesia 57