Page 71 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 71
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
BAB XII
KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA KORPORAT
12.1 Pendahuluan
Pada bab ini para peserta didik akan diajak mengeksplorasi dua tugas penting para eksekutif perusahaan yang
berkontribusi pada implementasi strategi yang baik: a) menciptakan budaya korporat yang mendukung strategi
perusahaan, dan b) menekankan pentingnya kepemimpinan internal yang diperlukan untuk mendorong
implementasi inisiatif-inisiatif strategik serta untuk mencapai tingkat kinerja operasi yang lebih tinggi.
12.2 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran modul Bab 12 ini, peserta didik diharapkan mampu:
1. Mampu mengidentifikasi fitur-fitur kunci budaya korporat perusahaan dan mengapresiasi peran
DOKUMEN
nilai utama perusahaan serta standar-standar etika dalam membangun budaya korporat.
2. Lebih memahami bagaimana dan mengapa budaya perusahaan dapat menjadi daya dorong dalam
eksekusi strategi perusahaan yang baik serta bagi berkualitasnya operasional di perusahaan.
3. Mempelajari beberapa jenis tindakan yang dapat dilakukan oleh manajemen untuk merubah budaya
korporat yang bermasalah.
IAI
4. Memahami apa yang membentuk kepemimpinan manajerial yang efektif dalam rangka mencapai
pelaksanaan strategi yang handal.
12.3 Membangun Budaya yang Mempromosikan Eksekusi Strategi yang Baik
Pada dasarnya setiap perusahaan memiliki budaya masing-masing yang unik. Karakteristik budaya
perusahaan atau iklim bekerja merupakan produk nilai-nilai utama dan prinsip-prinsip berbisnis yang
dipegang erat oleh para eksekutifnya, berkaitan dengan apa yang dapat diterima secara etis, mana yang
tidak, yang merupakan norma-norma serta praktek-praktek perilaku yang pada akhirnya mendefinisikan
‘bagaimana kita mengerjakan segala hal di sini’. Hal ini juga merupakan pendekatan pengelolaan SDM dan
gaya mengoperasikan perusahaan, suatu kemistri sekaligus personalitas yang menciptakan lingkungan
kerja yang sangat kondusif, yang pada akhirnya mengilustrasikan nilai-nilai yang dijunjung perusahaan,
termasuk praktek bisnis serta tradisi-tradisinya.
Pada bagian ini para peserta didik akan diajak untuk mengeksplorasi dua tugas manajerial yang berkontribusi
pada terlaksanakannya strategi dengan baik. Kedua tugas manajerial rersebut adalah: a) menciptakan budaya
korporat yangmendukung strategi, dan b) menekankan kepemimpinan internal yang diperlukan untuk
mendorong kemajuan implementasi inisiatif-inisiatif strategik serta untuk mencapai prestasi operasional
pada tingkat yang lebih tinggi.
Beberapa sub-bahasan akan dipaparkan kepada peserta didik untuk menelaah lebih lanjut bagaimana
membangun budaya perusahaan yang mempromosikan pelaksanaan strategi yang baik, seperti misalnya:
62 Ikatan Akuntan Indonesia