Page 90 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 90
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
24. Strategi biaya rendah akan bermanfaat jika keinginan konsumen untuk membeli sangat dipengaruhi
oleh tinggi rendahnya harga. Selain itu, strategi ini ampuh jika:
A. Terbuka banyak pilihan untuk membuat diffrensiasi produk yang bernilai di mata pembeli
B. Pembeli umumnya menggunakan produk dengan cara yang berbeda
C. Pembeli begitu mudah berpindah dari satu penjual ke penjual yang lain tampa biaya yang berarti
jika ada penjual dapat menjual dengan harga lebih rendah
D. Jumlah pembeli begitu sedikit dan tidak mempunyai pengaruh signifikan untuk menekan harga
lebih rendah
25. Peran diferensiasi dalam memperkuat posisi produk dan perusahaan sangat signifikan. Namun langkah
menciptakannya tidak sederhana. Untuk itu perusahaan harus:
A. Ada kompromi dan kombinasi antara kreativitas, fungsi, dan biaya
B. Ada kombinasi yang serasi antara produk, harga, tempat, dan promosi
C. Ada kombinasi antara posisi, perbedaan (keunikan), dan merk suatu produk
D. Ada kombinasi dan kompromi antara merk, proses, dan pelayanan
26. Nilai suatu produk mempunyai arti penting di benak konsumen sebelum melakukan pembelian.
Pembeli jarang mau mengeluarkan uang untuk nilai yang mereka tidak terima atau dirasakan. Pembeli
seringkali kesulitan memahami nilai suatu produk sehingga mengukur nilai suatu produk atas dasar
sinyal tertentu seperti:
DOKUMEN
A. Harga mahal merupakan konotasi produk berkualitas
B. Bungkus yang baik menandakan penjualnya adalah perusahaan bonafid
C. Tahun berdiri yang sudah lama menandakan bahwa perusahaan mempunyai sejarah panjang
sehingga bisa dipercaya
IAI
D. Semua benar
27. Strategi memutar haluan (turn-around) diperlukan jika perusahaan mengalami penurunan penjualan
menuju krisis yang tujuannya mengulur waktu sambil memecahkan masalah. Strategi putar haluan
mencakup antara lain:
A. Tidak perlu merevisi strategi lama
B. Melakukan penurunan harga untuk mendongkrak penjualan
C. Menjual aktiva yang tidak perlu untuk menjaga likuiditas
D. Investasi mesin-mesin baru untuk memperbaiki kualitas produk
28. Dalam analisis value chain, manajemen harus berusaha mengidentifikasi penyebab besar kecilnya biaya
yang bersifat struktural seperti di bawah ini, kecuali:
A. Faktor skala ekonomi
B. Lamanya suatu perusahaan berkecimpung di bidang tertentu
C. Kompleksitas produk
D. Kemampuan organisasi dalam menjaga kualitas proses dan output
29. Dibawah ini adalah sejumlah penyebab besar kecilnya biaya yang dipengaruhi oleh bagaimana proses
dilaksanakan, kecuali:
A. Sikap karyawan yang proaktif
B. Lamanya waktu yang diperlukan untuk memasarkan produk baru
C. Besarnya modal yang diperlukan
D. Perbaikan terus menerus proses produksi
Ikatan Akuntan Indonesia 81