Page 89 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 89

MANAJEMEN
            STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN





            17.  Lingkungan internal mencakup sejumlah variabel yang:
                A.  Berada di dalam organisasi dan biasanya dalam jangka pendek berada di dalam pengendalian
                    manajer
                B.  Berada di dalam organisasi dan biasanya dalam jangka pendek berada di luar pengendalian manajer
                C.  Berada di dalam organisasi dan biasanya dalam jangka pendek maupun panjang panjang berada di
                    luar pengendalian manajer
                D.  Berada di dalam organisasi dan biasanya dalam jangka panjang berada di dalam pengendalian
                    manajer


            18.  Perusahaan yang menekankan pada strategi cost leadership akan berusaha untuk melakukan berbagai
                upaya antara lain:
                A.  Menekan biaya produksi dengan memakai bahan baku lebih murah
                B.  Mengurangi biaya dengan memotong gaji karyawan
                C.  Mengurangi atau menghilangkan berbagai kegiatan yang tak perlu
                D.  Semua benar

            19.  Strategi bersaing generik berupa cost leadership strategi akan efektif terhadap konsumen yang:
                A.  Mengutamakan harga murah daripada kualitas
                B.  Mengutamakan kualitas dan harga murah
                C.  Yang sensitif terhadap harga mahal
                D.  Sederhana  DOKUMEN


            20.  Suatu perusahaan dikatakan mempunyai keunggulan bersaing (competitive advantage) bilamana
                memiliki sesuatu yang berbeda atas pesaingnya dan bernilai di mata konsumen yaitu antara lain:
                A.  Kapasitas pabrik yang lebih besar daripada pabrik lain
                                                     IAI
                B.  Harga jual produk yang murah meriah
                C.  Fitur produk yang lebih baik dengan pelayanan pada konsumen yang lebih hebat
                D.  Semua pernyataan di atas benar

            21.  Persaingan antar sesama produsen atau penjual dalam suatu industri tertentu akan makin meningkat jika:
                A.  Jumlah pelaku bisnis bertambah banyak dan kemampuan maupun ukuran mereka relatif tidak
                    seimbang
                B.  Jumlah pelaku bisnis makin berkurang dan permintaan meningkat
                C.  Biaya pindah ke merk lain mahal dalam industri tertentu
                D.  Semua pernyataan di atas salah

            22.  Persaingan antar sesama produsen atau penjual akan makin menurun jika:
                A.  Biaya keluar dari pasar lebih kecil daripada biaya bertahan
                B.  Situasi pasar agak mudah diramal
                C.  Biaya pindah ke merk lain mahal
                D.  Semua pernyataan di atas benar


            23.  Berbagai karakteristik ekonomi pasar yang mempunyai nilai strategis adalah:
                A.  Ukuran pasar yang kecil cenderung tidak menarik bagi pemain besar untuk masuk
                B.  Pertumbuhan pasar yang cepat akan mengundang pendatang baru masuk, pertumbuhan lambat
                    akan mempertajam persaingan
                C.  Kapasitas lebih akan menekan harga jual dan laba turun dan sebaliknya kalau kapasitas kurang
                    akan mendorong harga jual
                D.  Semua pernyataan di atas benar






     80      Ikatan Akuntan Indonesia
   84   85   86   87   88   89   90   91   92   93   94