Page 86 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 86
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
Contoh Soal Ujian Chartered Accountant Indonesia
Subjek: Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan
Soal terdiri dari 30 butir pilihan ganda, 3 esai dan 1 studi kasus
PILIHAN GANDA
Soal pilihan ganda sebanyak 30 butir, estimasi waktu selama 30 menit. Masing-masing soal rata-rata dikerjakan
selama 1 menit.
1. Sebuah perusahaan mencapai keunggulan kompetitif ketika:
A. Ia mampu memaksimalkan kesejahteraan pemegang saham
B. Memiliki model bisnis yang menguntungkan
C. Menyediakan kepada pembeli produk dengan dengan nilai unggul dibandingkan dengan pesaing
atau menawarkan nilai yang sama dengan biaya lebih rendah.
D. Secara konsisten mampu mencapai kedua tujuan strategis dan keuangan
2. Persaingan industri yang cenderung melemah karena adanya produk pengganti terjadi ketika ketika:
A. Produk pengganti yang tersedia lemah untuk dibedakan satu sama lain
B. Pembeli produk sedikit jumlahnya
DOKUMEN
C. Pesaing memiliki daya tawar yang kuat terhadap pemasok dan pelanggan yang berpengaruh
D. Pembeli mengalami switching cost yang tinggi dan produk pengganti berharga lebih tinggi relatif
terhadap kualitas, kinerja, dan atribut lainnya yang mereka berikan
IAI
3. Persyaratan penting untuk bisnis yang berbeda dikategorikan ‘berhubungan atau related’ adalah bahwa:
A. Rantai nilai mereka memiliki hubungan lintas-bisnis yang bernilai kompetitif
B. Produk dari bisnis yang berbeda dibeli oleh jenis pembeli yang sama
C. Produk dari bisnis yang berbeda dijual oleh jenis toko ritel yang sama
D. Bisnis memiliki beberapa pemasok kunci yang sama
4. Manakah dari pernyataan berikut ini yang benar mengenai strategi diversifikasi ke bisnis yang tidak
terkait (unrelated):
A. Ditujukan bukan untuk mencapai fit keuangan yang baik (financial fit)
B. Adalah cara terbaik bagi perusahaan untuk lulus attractiveness test dalam memilih yang jenis
usaha/industri yang akan dimasukinya
C. Mendiskonto pentingnya manfaat fit strategis (strategic fit) dan lebih berfokus pada membangun
dan mengelola kelompok usaha yang mampu memberikan kinerja keuangan yang baik terlepas
dari industri bisnis yang dimasukinya
D. Berkonsentrasi pada diversifikasi ke bisnis di mana sebuah perusahaan dapat memanfaatkan
penggunaan nama merek terkenal dengan cara menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham
5. Sebuah struktur organisasi perusahaan terdiri dari:
A. Kekuatan sumber daya dan kemampuan kompetitif yang memungkinkan untuk menggabungkan
atribut dengan biaya lebih rendah daripada pesaing yang produknya memiliki atribut yang sama.
B. Pengaturan formal dan informal tugas, tanggung jawab, jalur kewenangan, dan hubungan
pelaporan dimana perusahaan dikelola.
C. Keterampilan pemasaran dan penjualan yang sangat baik untuk meyakinkanpembeli untuk
membayar harga premium untuk atribut/fitur yang tergabung dalam produknya.
D. Kompetensi khusus yang berkelanjutan untuk memastikan pengurangan biaya dan daya saing.
Ikatan Akuntan Indonesia 77