Page 36 - Modul CA - Sistem Informasi dan Pengendalian Internal (Plus Soal)
P. 36

SISTEM INFORMASI
                                                                                      DAN PENGENDALIAN INTERNAL





               2.  Manajemen sumber daya manusia dan penggajian – termasuk di dalamnya mengatur SDM, penggajian,
                   imbalan kerja, pelatihan, waktu dan kehadiran, tunjangan, dan pelaporan untuk pemerintah seperti
                   pelaporan pajak.
               3.  Siklus penjualan – termasuk didalamnya adalah memasukkan Sales Order (SO), penggiriman barang,
                   manajemen persediaan, menerima pembayaran atas penjualan, dan penghitungan komisi.
               4.  Siklus pembelian – termasuk didalamnya adalah mengatur pembelian, penerimaan dan pemeriksaan
                   barang, pengeluaran biaya pembelian, serta manajemen persediaan.
               5.  Manufaktur atau siklus produksi – termasuk pengaturan penjadwalan produksi, BoM (Bill of Material),
                   WIP (work in process), QC (quality control), manajemen biaya, serta proses manufaktur.
               6.  Manajemen proyek – termasuk pengaturan pembiayaan, penagihan, waktu dan biaya, manajemen
                   aktivitas.
               7.  Customer Relationship Management  (CRM)  –  termasuk  didalamnya  mengatur  pemasaran  dan
                   penjualan, komisi, jasa, call center, help desk.
               8.  Alat-alat sistem – alat yang digunakan untuk membangun file data master, kontrol akses, dll.





               4.2  Vendor Sistem ERP


               Perbandingan beberapa vendor ERP adalah sebagai berikut:
                               DOKUMEN
                                                 Ukuran Perusahaan
                                                                                Fungsionalitas Utama
                 No        Vendor ERP        Kecil   Medium     Besar   CRM         BI      Akuntansi   HR
                  1   SAP                                         √       √         √           √        √
                  2   Oracle                                      √       √         √           √        √
                                                                  √
                  3   Microsoft                         √ IAI             √         √           √        √
                  4   Sage                              √                 √         √           √        √
                  5   Epicor                                              √         √           √        √
                  6   Infor                             √                 √         √           √        √
                      Lainnya (Addon, AMMO,                                         √
                  7                           √                           √     (sebagian ada,   √       √
                      dll)                                                      sebagian tidak)
               * BI = Business Intelligence
               * CRM = Customer Relationship Management
               * HR = Human Resources

               Komponen-komponen ERP yang mendasar menurut Motiwalla dan Thompson (2009:12) dalam bukunya
               berjudul Enterprise Systems for Management adalah sebagai berikut:
               1.  People
                   Dalam implementasi ERP, terdapat orang-orang yang terlibat didalamnya, yaitu Staf IT dan pengguna
                   dari sistem ERP nantinya. Pengguna harus terlibat dan memiliki peran kunci dalam proyek implementasi
                   ERP sejak awal, karena pengguna memiliki tanggung jawab dalam menginput, memproses, dan
                   menghasilkan output dari sistem.

               2.  Process
                   Hal ini berhubungan dengan proses bisnis, prosedur, dan aturan, serta proses bisnis dengan
                   menggunakan sistem ERP.








                                                                                    Ikatan Akuntan Indonesia      27
   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41