Page 69 - Modul CA - Sistem Informasi dan Pengendalian Internal (Plus Soal)
P. 69

SiStem informaSi
            dan Pengendalian internal





            melindungi informasi tersebut karena insiden yang melibatkan pengungkapan informasi pribadi pelanggan
            baik itu disengaja maupun tidak, sangat memakan biaya.


            Fokus Privasi
            Dua fokus utama dalam perlindungan atas privasi data terkait pelanggan adalah  spam dan pencurian
            identitas. Spam merupakan email yang masuk tanpa diminta yang berisi iklan atau konten yang ofensif.
            Spam merupakan isu yang terkait dengan privasi karena penerima seringkali ditargetkan sebagai hasil dari
            akses yang tidak sah atas daftar alamat email dan database yang berisi informasi personal. Spam tidak hanya
            mengurangi efisiensi manfaat email namun juga merupakan sumber dari banyak virus, worms, spyware
            programs, dan jenis malware lainnya.

            Fokus isu privasi lainnya adalah pencurian identitas yang merupakan penggunaan informasi personal milik
            orang lain tanpa seijin orang tersebut, yang dilakukan untuk kepentingan si pencuri identitas itu sendiri.
            Seringkali pencurian identitas merupakan kejahatan finansial, dimana si pelaku mendapatkan pinjaman atau
            membuka kartu kredit baru atas nama si korban dan terkadang menjarah akun bank si korban. Perusahaan
            harus berperan penting dalam mencegah pencurian identitas karena para pelanggan mempercayakan
            informasi pribadi mereka pada perusahaan. Sehingga perusahaan memiliki kewajiban moral dan etis untuk
            menerapkan pengendalian dalam melindungi informasi personal yang mereka dapatkan dari pelanggan
            mereka.

                               DOKUMEN






                                                     IAI
















































     60      Ikatan Akuntan Indonesia
   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73   74