Page 69 - Modul CA - Sistem Informasi dan Pengendalian Internal (Plus Soal)
P. 69
SiStem informaSi
dan Pengendalian internal
melindungi informasi tersebut karena insiden yang melibatkan pengungkapan informasi pribadi pelanggan
baik itu disengaja maupun tidak, sangat memakan biaya.
Fokus Privasi
Dua fokus utama dalam perlindungan atas privasi data terkait pelanggan adalah spam dan pencurian
identitas. Spam merupakan email yang masuk tanpa diminta yang berisi iklan atau konten yang ofensif.
Spam merupakan isu yang terkait dengan privasi karena penerima seringkali ditargetkan sebagai hasil dari
akses yang tidak sah atas daftar alamat email dan database yang berisi informasi personal. Spam tidak hanya
mengurangi efisiensi manfaat email namun juga merupakan sumber dari banyak virus, worms, spyware
programs, dan jenis malware lainnya.
Fokus isu privasi lainnya adalah pencurian identitas yang merupakan penggunaan informasi personal milik
orang lain tanpa seijin orang tersebut, yang dilakukan untuk kepentingan si pencuri identitas itu sendiri.
Seringkali pencurian identitas merupakan kejahatan finansial, dimana si pelaku mendapatkan pinjaman atau
membuka kartu kredit baru atas nama si korban dan terkadang menjarah akun bank si korban. Perusahaan
harus berperan penting dalam mencegah pencurian identitas karena para pelanggan mempercayakan
informasi pribadi mereka pada perusahaan. Sehingga perusahaan memiliki kewajiban moral dan etis untuk
menerapkan pengendalian dalam melindungi informasi personal yang mereka dapatkan dari pelanggan
mereka.
DOKUMEN
IAI
60 Ikatan Akuntan Indonesia