Page 109 - Modul Pengantar Fikih Muamalah
P. 109

semua akad ini batal.

                                   Sedangkan menurut pengikut Hambali membolehkan objek akad tidak
                                   ada pada waktu akad, jika tidak terdapat gharar (Penipuan). sedangkan

                                   Syari’  melarang  jual-beli  sesuatu  yang  tidak  jelas  sifat  dan  rupanya
                                   (Gharar), baik ia ada atau tidak. Namun jika sesuatu yang tidak ada itu

                                   dapat  diwujudkan  dimasa  mendatang  menurut  kebiasaan  dan  dapat

                                   dipesankan, maka ia boleh dijadikan objek akad (Zaidan, 2008).
                             b.    Objek akad harus Maal Mutaqwwim Akad yang mentransaksikan Mal

                                   Ghoiru Mutaqawwim, seperti bangkai, darah dan barang-barang yang

                                   diharamkan  oleh  Syara’  adalah  batal.  Karena  pada  prinsipnya  Mal
                                   Ghoiru Mutaqawwin tidak dapat dimiliki (Mas’adi. 2002).

                             c.    Dapat  diserah-terimakan  ketika  akad  berlangsung.  Jika  pihak  yang
                                   berakad tidak mampu menyerahkan barang yang diakadkan, maka akad

                                   tersebut batal.
                             d.    Objek  akad  harus  jelas  dan  dikenali  para  pihak.  Objek  akad  harus

                                   diketahui oleh masing-masing pihak dengan pengetahuan yang dimiliki

                                   untuk menghindarkan dari perselisihan. Pengetahuan ini bisa diperoleh
                                   dengan meneliti secara langsung sebelum atau ketika akad berlangsung,

                                   dengan  menunjukinya  jika  objek  ada,  dengan  melihat  sample
                                   secukupnya,  atau  dengan  kriteria  tertentu  seperti  jenis,  ukuran  dan

                                   kualitasnya.
                             e.    Objek akad harus suci, tidak Najis, dan tidak Mutanajjis Barang-barang

                                   yang  najis  dilarang  dijadikan  objek  akad  seperti  Khamr,  Bangkai,

                                   Darah.  Sedangkan  Fuqaha  Hanafiyah  tidak  mensyaratkan  kesucian
                                   objek akad. Maka Hanafiyah membolehkan jual beli rambut Khinjir

                                   atau kulit bangkai untuk diambil manfaatnya.

                        3.   Maudhu’al Aqad (tujuan akad) adalah tujuan dan hukum yang mana suatu
                             akad untuk tujuan tersebut. Antara akad yang satu dan akan yang lain tujuan

                             berbeda.  Contoh:  Untuk  akad  jual  beli  tujuannya  adalah  pemindahan
                             kepemilikan dari penjual kepada pembeli dengan imbalan. Sedangkan akad





                        105 | MODUL USAS PENGANTAR FIKIH MUAMALAH
   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114