Page 109 - Modul Pengantar Fikih Muamalah
P. 109
semua akad ini batal.
Sedangkan menurut pengikut Hambali membolehkan objek akad tidak
ada pada waktu akad, jika tidak terdapat gharar (Penipuan). sedangkan
Syari’ melarang jual-beli sesuatu yang tidak jelas sifat dan rupanya
(Gharar), baik ia ada atau tidak. Namun jika sesuatu yang tidak ada itu
dapat diwujudkan dimasa mendatang menurut kebiasaan dan dapat
dipesankan, maka ia boleh dijadikan objek akad (Zaidan, 2008).
b. Objek akad harus Maal Mutaqwwim Akad yang mentransaksikan Mal
Ghoiru Mutaqawwim, seperti bangkai, darah dan barang-barang yang
diharamkan oleh Syara’ adalah batal. Karena pada prinsipnya Mal
Ghoiru Mutaqawwin tidak dapat dimiliki (Mas’adi. 2002).
c. Dapat diserah-terimakan ketika akad berlangsung. Jika pihak yang
berakad tidak mampu menyerahkan barang yang diakadkan, maka akad
tersebut batal.
d. Objek akad harus jelas dan dikenali para pihak. Objek akad harus
diketahui oleh masing-masing pihak dengan pengetahuan yang dimiliki
untuk menghindarkan dari perselisihan. Pengetahuan ini bisa diperoleh
dengan meneliti secara langsung sebelum atau ketika akad berlangsung,
dengan menunjukinya jika objek ada, dengan melihat sample
secukupnya, atau dengan kriteria tertentu seperti jenis, ukuran dan
kualitasnya.
e. Objek akad harus suci, tidak Najis, dan tidak Mutanajjis Barang-barang
yang najis dilarang dijadikan objek akad seperti Khamr, Bangkai,
Darah. Sedangkan Fuqaha Hanafiyah tidak mensyaratkan kesucian
objek akad. Maka Hanafiyah membolehkan jual beli rambut Khinjir
atau kulit bangkai untuk diambil manfaatnya.
3. Maudhu’al Aqad (tujuan akad) adalah tujuan dan hukum yang mana suatu
akad untuk tujuan tersebut. Antara akad yang satu dan akan yang lain tujuan
berbeda. Contoh: Untuk akad jual beli tujuannya adalah pemindahan
kepemilikan dari penjual kepada pembeli dengan imbalan. Sedangkan akad
105 | MODUL USAS PENGANTAR FIKIH MUAMALAH