Page 33 - Modul CAFB - Akuntansi Keuangan - 2025
P. 33

dibagi  menjadi  karaktertistik  kualitatif  yang  bersifat  fundamental,  yaitu
                        relevansi (relevance) dan representasi tepat (faithfull representation), dan

                        karakteristik   yang    bersifat   meningkatkan,      yaitu    keterbandingan
                        (comparability),  terverifikasi  (verifiability),  tepat  waktu  (timeliness),  dan

                        keterpaham (understandability).

                         Karakteristik                Relevansi
                         fundamental                  Representasi tepat

                         Karakteristik peningkat  Terbanding
                                                      Terverifikasi

                                                      Tetap waktu

                                                      Terpaham


                        1.   Relevansi
                               DOKUMEN
                        Informasi  yang  disediakan  laporan  keuangan  harus  relevan  untuk
                        memenuhi  kebutuhan  pemakai  dalam  proses  pengambilan  keputusan.

                        Informasi  yang  relevan  mampu  membuat  perbedaan  dalam  keputusan.
                        Informasi  disebut  memiliki  kualitas  relevan  jika  dapat  memengaruhi
                                                     IAI
                        keputusan ekonomi pengguna laporan keuangan dengan membantu dalam
                        mengevaluasi  peristiwa  masa  lalu,  masa  kini  atau  masa  depan,

                        menegaskan, atau mengkoreksi, hasil evaluasi di masa lalu.


                        Informasi  keuangan  mampu  membuat  perbedaan  jika  memiliki  nilai

                        prediktif, nilai konfirmasi, atau keduanya. Nilai prediktif jika informasi dapat
                        digunakan  sebagai  masukan  yang  digunakan  oleh  pengguna  untuk

                        memprediksi hasil (outcome) di  masa depan. Nilai konfirmasi jika informasi
                        memberikan konfirmasi terhadap evaluasi yang dilakukan sebelumnya.

                        Relevansi informasi dipengaruhi oleh hakikat dan materialitasnya. Informasi
                        dianggap  material  jika  dapat  memengaruhi  pengambilan  keputusan

                        ekonomi dengan dasar laporan keuangan.











                                                                          Ikatan Akuntan Indonesia| 21
   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38