Page 33 - Modul CAFB - Akuntansi Keuangan - 2025
P. 33
dibagi menjadi karaktertistik kualitatif yang bersifat fundamental, yaitu
relevansi (relevance) dan representasi tepat (faithfull representation), dan
karakteristik yang bersifat meningkatkan, yaitu keterbandingan
(comparability), terverifikasi (verifiability), tepat waktu (timeliness), dan
keterpaham (understandability).
Karakteristik Relevansi
fundamental Representasi tepat
Karakteristik peningkat Terbanding
Terverifikasi
Tetap waktu
Terpaham
1. Relevansi
DOKUMEN
Informasi yang disediakan laporan keuangan harus relevan untuk
memenuhi kebutuhan pemakai dalam proses pengambilan keputusan.
Informasi yang relevan mampu membuat perbedaan dalam keputusan.
Informasi disebut memiliki kualitas relevan jika dapat memengaruhi
IAI
keputusan ekonomi pengguna laporan keuangan dengan membantu dalam
mengevaluasi peristiwa masa lalu, masa kini atau masa depan,
menegaskan, atau mengkoreksi, hasil evaluasi di masa lalu.
Informasi keuangan mampu membuat perbedaan jika memiliki nilai
prediktif, nilai konfirmasi, atau keduanya. Nilai prediktif jika informasi dapat
digunakan sebagai masukan yang digunakan oleh pengguna untuk
memprediksi hasil (outcome) di masa depan. Nilai konfirmasi jika informasi
memberikan konfirmasi terhadap evaluasi yang dilakukan sebelumnya.
Relevansi informasi dipengaruhi oleh hakikat dan materialitasnya. Informasi
dianggap material jika dapat memengaruhi pengambilan keputusan
ekonomi dengan dasar laporan keuangan.
Ikatan Akuntan Indonesia| 21