Page 137 - Modul CA - Akuntansi Manajemen Lanjutan (Plus Soal)
P. 137

AKUNTANSI MANAJEMEN LANJUTAN







               dengan mempergunakan maket atau gambar. Pada dasarnya strateji perusahaan juga merupakan strateji
               perang yang harus dipahami oleh seluruh karyawan perusahaan. Karena itu, penjabaran strateji perusahaan
               menjadi bentuk gambar merupakan suatu hal yang penting dilakukan. Selain itu, peta strateji juga akan
               membuat hubungan antara satu elemen strateji dengan elemen strateji lainnya menjadi lebih mudah
               dimengerti. Contoh template untuk membuat peta strateji dapat diihat pada gambar 1.


                        Gambar 12.1 – Strateji Map pada Buku Kaplan dan Norton Figure 2.9 (Strategy Map)


                               Productivity Strategy         Long-Term               Growth Strategy
                                                          Shareholder Value
              Financial
              Perspective
                               Improve Cost      Increase Asset       Expand Revenue          Enhance
                                 Structure         Utilization          Opportunis          Customer Value


                                                        Customer Value Proposition
              Customer
              Perspective   Price     Quality  Avaliability  Selection  Functionality  Service  Partnership  Brand
                                        Product Service Atributes                   Relationship      Image

                               DOKUMEN
                             Operation              Operation               Inovation           Regulatory & Social
                            Management             Management               Proceses               Proceses
              Internal        Proceses               Proceses           Opportunity ID
              Perspective  Supply                Selection              RAD Porpolio            Environment
                          Production             Acqustion              Design Develop          Savety & Health
                          Distributor            Revention              Launch                  Environment
                          Risk Management        Growth                                         Community
                                                     IAI

                                                               Human Capital
              Leaning &                                      Information Capital
              Growth
              Perspective                                   Organization Capital
                              Culture               Leadership              Aligment               Teamwork




               12.3   Perspektif Keuangan


               Perspektif keuangan merupakan tujuan akhir yang ingin dicapai perusahaan.Dalam template gambar 12.1,
               terlihat bahwa tujuan stratejik yang paling utama pada perspektif keuangan ini adalah untuk memaksimalkan
               kekayaan pemegang saham (long term shareholders value). Agar tujuan ini tercapai, maka terdapat dua hal
               yang dapat dilakukan perusahaan, yaitu strateji pertumbuhan (growth strategy) dan strateji produktivitas
               (productivity strategy).

               Strateji produktivitas dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

               1.    Memperbaiki struktur biaya (improved cost structure)
               2.    Memaksimalkan tingkat penggunaan aset (maximizing assets utilization)

               Dalam strateji memperbaiki struktur biaya, maka perusahaan harus melakukan perbaikkan dalam aktivitas-
               aktivitas yang dilakukan, seperti yang telah disebutkan dalam  modul activity based management, sehingga
               biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan dapat berkurang. Sedangkan dalam strateji memaksimalkan tingkat
               penggunaan aset, biasanya diukur dengan tolok ukur total assets turnover. Tolok ukur ini mencerminkan






                                                                                    Ikatan Akuntan Indonesia     129
   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142