Page 141 - Modul CA - Akuntansi Manajemen Lanjutan (Plus Soal)
P. 141
AKUNTANSI MANAJEMEN LANJUTAN
dibuat, maka tugas berikut adalah mencari pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama
perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membina hubungan dengan pelanggan tersebut.
12.8 Proses Inovasi (Innovation Process)
Proses inovasi, terutama dikaitkan untuk mncapai customer value proposition yang terkait dengan
functionality. Functionality, seperti fitur-fitur yang terdapat pada telepon genggam atau produk-produk
elektronik lainnya mengharuskan perusahaan untuk terus menerus menjaga proses inovasi agar dapat
memberikan produk dengan fitur terkini yang dikehendaki oleh calon pembeli. Ada empat sub proses
penitng dalam proses inovasi ini, yaitu:
1. Mengidentifikasikan peluang-peluang bagi produk atau jasa yang baru. Ide untuk produk-produk baru
dapat berasal dari banyak sumber. Salah satunya adalah dari pelanggan. Dalam hal ini, perusahaan
harus meperlakukan pelanggan sebagai partner stratejik, dan bukannya sekedar sebagai pembeli saja.
Misalkan, dokter merupakan salah satu sumber utama inovasi perusahaan pembuat obat-obatan.
Tujuan stratejik yang dapat dibuat perusahaan misalnya adalah mengantisipasi kebutuhan pelanggan
dimasa depan, dengan tolok ukur berupa waktu yang dihabiskan dengan pelanggan kunci untuk
melihat kebutuhan pelanggan di masa depan.
DOKUMEN
2. Mengelola portfolio riset dan pengembangan dengan baik. Seringkali peluang-peluang yang diperoleh
perusahaan berjumlah banyak sekali. Karena itu, perusahaan harus memilih proyek-proyek yang
berkaitan dengan produk baru tersebut yang sesuai dengan strateji perusahaan, misalkan apakah
perusahaan hanya akan mengembangkan produk-produk dengan platform yang sudah dimiliki
perusahaan saat ini, atau betul-betul membangun produk yang baru yang selama ini belum diproduksi
IAI
perusahaan.
3. Merancang dan mengembangkan produk atau jasa baru sesuai dengan portfolio yang telah ditentukan
pada tahap kedua.
4. Memperkenalkan produk atau jasa baru tersebut ke pasar.
12.9 Proses yang Terkait dengan Hukum dan Lingkungan Sosial
Dalam menjalankan kegiatan usahanya, perusahaan harus mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku di
negara dimana perusahaan tersebut berada, bahkan banyak perusahaan bukan hanya sekedar memenuhi
peraturan berlaku, tapi juga menjadi perusahaan teladan dengan juga memperhatikan dan memberi manfaat
pada masyarakat maupun lingkungan dimana perusahaan tersebut berada. Untuk mencapai kesemua itu,
perusahaan harus memiliki strateji yang tepat yang terkait dan juga menjalankannya dengan baik. Balanced
scorecard diperlukan untuk melakukan monitoring terhadap pelaksanaan aktivitas dan pencapaian tujuan
aktivitas tersebut.
Proses-proses yang akan dilakukan perusahaan dalam hal ini biasanya terkait dengan:
1. Lingkungan
2. K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja)
3. Pegawai
4. Komunitas
Balanced scorecard yang terkait dengan proses ini akan lebih banyak dibahas pada modul mengenai biaya
lingkungan.
Ikatan Akuntan Indonesia 133