Page 141 - Modul CA - Akuntansi Manajemen Lanjutan (Plus Soal)
P. 141

AKUNTANSI MANAJEMEN LANJUTAN







                     dibuat, maka tugas berikut adalah mencari pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama
                     perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membina hubungan dengan pelanggan tersebut.





               12.8   Proses Inovasi (Innovation Process)

               Proses inovasi, terutama dikaitkan untuk mncapai  customer value proposition yang terkait dengan
               functionality. Functionality, seperti fitur-fitur yang terdapat pada telepon genggam atau produk-produk
               elektronik lainnya mengharuskan perusahaan untuk terus menerus menjaga proses inovasi agar dapat
               memberikan  produk  dengan fitur  terkini yang  dikehendaki  oleh  calon pembeli.  Ada empat sub proses
               penitng dalam proses inovasi ini, yaitu:
               1.    Mengidentifikasikan peluang-peluang bagi produk atau jasa yang baru. Ide untuk produk-produk baru
                     dapat berasal dari banyak sumber. Salah satunya adalah dari pelanggan. Dalam hal ini, perusahaan
                     harus meperlakukan pelanggan sebagai partner stratejik, dan bukannya sekedar sebagai pembeli saja.
                     Misalkan, dokter merupakan salah satu sumber utama inovasi perusahaan pembuat obat-obatan.
                     Tujuan stratejik yang dapat dibuat perusahaan misalnya adalah mengantisipasi kebutuhan pelanggan
                     dimasa depan, dengan tolok ukur berupa waktu yang dihabiskan dengan pelanggan kunci untuk
                     melihat kebutuhan pelanggan di masa depan.
                               DOKUMEN
               2.    Mengelola portfolio riset dan pengembangan dengan baik. Seringkali peluang-peluang yang diperoleh
                     perusahaan berjumlah banyak sekali. Karena itu, perusahaan harus memilih proyek-proyek yang
                     berkaitan dengan produk baru tersebut yang sesuai dengan strateji perusahaan, misalkan apakah
                     perusahaan hanya akan mengembangkan produk-produk dengan  platform yang sudah dimiliki
                     perusahaan saat ini, atau betul-betul membangun produk yang baru yang selama ini belum diproduksi
                                                     IAI
                     perusahaan.
               3.    Merancang dan mengembangkan produk atau jasa baru sesuai dengan portfolio yang telah ditentukan
                     pada tahap kedua.
               4.    Memperkenalkan produk atau jasa baru tersebut ke pasar.




               12.9   Proses yang Terkait dengan Hukum dan Lingkungan Sosial


               Dalam menjalankan kegiatan usahanya, perusahaan harus mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku di
               negara dimana perusahaan tersebut berada, bahkan banyak perusahaan bukan hanya sekedar memenuhi
               peraturan berlaku, tapi juga menjadi perusahaan teladan dengan juga memperhatikan dan memberi manfaat
               pada masyarakat maupun  lingkungan dimana perusahaan tersebut berada. Untuk mencapai kesemua itu,
               perusahaan harus memiliki strateji yang tepat yang terkait dan juga menjalankannya dengan baik. Balanced
               scorecard diperlukan untuk melakukan monitoring terhadap pelaksanaan aktivitas dan pencapaian tujuan
               aktivitas tersebut.
               Proses-proses yang akan dilakukan perusahaan dalam hal ini biasanya terkait dengan:

               1.    Lingkungan
               2.    K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja)
               3.    Pegawai
               4.    Komunitas

               Balanced scorecard yang terkait dengan proses ini akan lebih banyak dibahas pada modul mengenai biaya
               lingkungan.





                                                                                    Ikatan Akuntan Indonesia     133
   136   137   138   139   140   141   142   143   144   145   146