Page 121 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 121

Gambar 4.6 Kerangka Porter’s 5 Forces Model
                               DOKUMEN

                     Setiap bagian memiliki nilai analisis  yang memiliki faktor pendukung sebuah bisnis.
                                                     IAI
                     Setiap sisi  akan diukur  dengan satuan  rendah (low),  menengah  (medium), dan tinggi
                     (high),  (bukan  sebuah  standard,  namun  akan  mempermudah  hasil  analisis).  Berikut

                     adalah penjelasan dari setiap sisi:
                     (a)  Bargaining Power of Buyers/Buyer’s Power

                           Pada sisi ini, akan berfokus pada analisis pembeli. Pembeli tentunya pasti akan

                           memegang peranan besar dalam kegiatan jual beli, namun di sini lebih mengarah
                           kepada pilihan pembeli terhadap produk yang ada. Kondisi dimana pembeli hanya

                           bisa  membeli  produk  pada  sebuah  perusahan  (hal  ini  menggambarkan  High
                           Buyer’s  Power),  ada  juga  jika  pembeli  punya  banyak  pilihan  untuk  membeli

                           produk yang sama produksi perusahaan lain karena ada banyak jenis yang dijual di
                           pasaran (hal ini menggambarkan High Buyer’s Power).

                           Customer loyalty juga termasuk dalam sisi ini. Pembeli yang sudah loyal tentu akan

                           sepenuhnya melakukan jual beli hanya pada produk tersebut dan akan menciptakan
                           kondisi Low Buyer’s Power.

                     (b)  Bargaining Power of Suppliers/ Supplier’s Power
                           Hampir mirip dengan  Buyer’s Power  pada sisi  ini  akan menganalisis pada sisi

                           pemasok. Seberapa besar perusahaan ini membutuhkan atau ketergantungan pada


                                                           115
   116   117   118   119   120   121   122   123   124   125   126