Page 121 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 121
Gambar 4.6 Kerangka Porter’s 5 Forces Model
DOKUMEN
Setiap bagian memiliki nilai analisis yang memiliki faktor pendukung sebuah bisnis.
IAI
Setiap sisi akan diukur dengan satuan rendah (low), menengah (medium), dan tinggi
(high), (bukan sebuah standard, namun akan mempermudah hasil analisis). Berikut
adalah penjelasan dari setiap sisi:
(a) Bargaining Power of Buyers/Buyer’s Power
Pada sisi ini, akan berfokus pada analisis pembeli. Pembeli tentunya pasti akan
memegang peranan besar dalam kegiatan jual beli, namun di sini lebih mengarah
kepada pilihan pembeli terhadap produk yang ada. Kondisi dimana pembeli hanya
bisa membeli produk pada sebuah perusahan (hal ini menggambarkan High
Buyer’s Power), ada juga jika pembeli punya banyak pilihan untuk membeli
produk yang sama produksi perusahaan lain karena ada banyak jenis yang dijual di
pasaran (hal ini menggambarkan High Buyer’s Power).
Customer loyalty juga termasuk dalam sisi ini. Pembeli yang sudah loyal tentu akan
sepenuhnya melakukan jual beli hanya pada produk tersebut dan akan menciptakan
kondisi Low Buyer’s Power.
(b) Bargaining Power of Suppliers/ Supplier’s Power
Hampir mirip dengan Buyer’s Power pada sisi ini akan menganalisis pada sisi
pemasok. Seberapa besar perusahaan ini membutuhkan atau ketergantungan pada
115