Page 122 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 122

pemasoknya. Ada bahan baku yang mungkin bisa dibeli dengan semua pemasok

                           yang ada (hal ini menggambarkan Low Supplier’s Power). Ada juga bahan baku
                           yang  hanya  bisa  dibeli  oleh  pemasok  tertentu,  atau  dalam  konteks  perusahaan

                           besar, tentunya sudah memiliki kerjasama dengan pemasok tertentu dengan harga
                           yang  berbeda  dari  pasaran  karena  produksi  skala  besar,  jadi  jika  ada  masalah

                           dengan pemasok tersebut akan membuat proses produksi terhambat karena sudah
                           tergantung  dengan  pemasok  tersebut  (hal  ini  menggambarkan  High  Supplier’s

                           Power).

                     (c)  Ancaman Pendatang Baru (Threat of New Entrants)
                           Pada sisi ini akan lebih menganalisis kepada awareness, apakah bisnis ini mudah

                           untuk  diikuti  atau  tidak.  New  Entrants    yang  dimaksud  adalah  individu  atau

                           kelompok  yang  membuat  bisnis  sama  seperti  yang  sudah  ada  ini.  Ada  kondisi
                           dimana  sebuah  bisnis  baru  yang  sedang  “meledak”  di  pasaran  terus  bertambah

                           karena membuat  bisnis  seperti  itu cukup mudah (hal  ini menggambarkan  High
                               DOKUMEN
                           Thread of New Entrants). Selain itu juga ada kondisi dimana sebuah bisnis hanya

                           bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan tertentu. Ada berbagai macam faktor
                           yang ada, bisa karena risiko yang terlalu tinggi, perlunya tingkat keahlian tinggi
                                                     IAI
                           dan faktor-faktor lainnya (hal ini menggambarkan Low Thread of New Entrants).

                     (d)  Ancaman atas Barang/Jasa Pengganti (Threat of Substitute Product or Services)
                           Sisi  ini   akan  menganalisis  tentang  pengganti  atau  substitute  dari  produk  yang

                           dihasilkan oleh perusahaan sebuah produk maupun jasa, apakah memungkinkan
                           untuk digantikan dengan yang lain atau tidak. Dalam konteks ini, pengganti adalah

                           barang atau jasa yang berbeda tetapi dapat mengisi ketidakhadiran barang atau jasa
                           utama yang dibutuhkan.

                     (e)  Rivalry Among Existing Competitor

                           Pada sisi ini, analisis sudah dilihat pada lingkup yang lebih dibatasi, yaitu pesaing
                           dalam  industri  atau  pasar  yang  sama.  Dalam  sebuah  pasar,  pasti  ada  beberapa

                           produk atau jasa sejenis yang bersaing mendapatkan pelanggan. Tinggi rendahnya

                           persaingan yang akan dianalisis. Persaingan yang akan dianalisis. Persaingan tentu
                           akan tinggi jika ada banyak perusahaan dalam industri yang sama, tetapi ada juga

                           perusahaan yang menguasai sebuah industri.






                                                           116
   117   118   119   120   121   122   123   124   125   126   127