Page 123 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 123
Jenis-jenis Pesaing
Philip Kotler menganalisis 4 tipe pesaing yang tergantung dengan kemungkinan suatu
tingkat usaha dalam menjalankan bisnis. Tipe tersebut:
(a) Persaingan merek, dimana pesaing adalah perusahaan lain yang menawarkan
produk dan jasa yang sama kepada pelanggan yang sama dengan kisaran harga
yang sama. Contohnya: McDonald’s dan Burger King.
(b) Persaingan industri, dimana perusahaan menganggap pesaing utamanya sbeagai
perusahaan yang membuat produk atau jenis produk yang sama. Contohnya:
Tokopedia dan Matahari Department Store.
(c) Persaingan umum, dimana perusahaan dapat melihat pesaingnya dengan arti yang
lebih luas lagi, yaitu semua perusahaan bersaing untuk nilai konsumsi rupiah yang
sama. Contohnya: perusahaan manufaktur yang memproduksi rokok.
(d) Persaingan bentuk, dimana perusahaan melihat pesaingnya sebagai perusahaan
DOKUMEN
yang menghasilkan produk yang memberikan manfaat yang sama. Contohnya: toko
musik yang menjual CD dan DVD, dan sebuah toko buku yang berada pada tempat
yang sama.
E. Menganalisis Bisnis IAI
(1) Aspek Perusahaan Yang Perlu Dianalisis
Setelah menyelesaikan analisi tentang lingkungan umum dan lingkungan bisnisnya.
Maka sebaiknya sebuah bisnis melanjutkan untuk dapat menganalisis lingkungan
internalnya, yang mencakup analisis:
(a) Sumber daya dan kompetensi yang dimilikinya;
(b) Rantai nilai;
(c) Rantai pasokan;
(d) Produk dan pasar, menggunakan siklus hidup produk (product life cycle) dan
matrik BCG.
117