Page 123 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 123

Jenis-jenis Pesaing
                     Philip Kotler menganalisis 4 tipe pesaing yang tergantung dengan kemungkinan suatu

                     tingkat usaha dalam menjalankan bisnis. Tipe tersebut:
                     (a)  Persaingan  merek,  dimana  pesaing  adalah  perusahaan  lain  yang  menawarkan

                           produk dan jasa yang sama kepada pelanggan yang sama dengan kisaran harga
                           yang sama. Contohnya: McDonald’s dan Burger King.

                     (b)  Persaingan industri, dimana perusahaan menganggap pesaing utamanya  sbeagai

                           perusahaan  yang  membuat  produk  atau  jenis  produk  yang  sama.  Contohnya:
                           Tokopedia dan Matahari Department Store.

                     (c)  Persaingan umum, dimana perusahaan dapat melihat pesaingnya dengan arti yang

                           lebih luas lagi, yaitu semua perusahaan bersaing untuk nilai konsumsi rupiah yang
                           sama. Contohnya: perusahaan manufaktur yang memproduksi rokok.

                     (d)  Persaingan  bentuk,  dimana  perusahaan  melihat  pesaingnya  sebagai  perusahaan
                               DOKUMEN
                           yang menghasilkan produk yang memberikan manfaat yang sama. Contohnya: toko

                           musik yang menjual CD dan DVD, dan sebuah toko buku yang berada pada tempat
                           yang sama.



                E.   Menganalisis Bisnis             IAI
               (1)  Aspek Perusahaan Yang Perlu Dianalisis

                     Setelah  menyelesaikan  analisi  tentang  lingkungan  umum  dan  lingkungan  bisnisnya.
                     Maka  sebaiknya  sebuah  bisnis  melanjutkan  untuk  dapat  menganalisis  lingkungan

                     internalnya, yang mencakup analisis:


                     (a)  Sumber daya dan kompetensi yang dimilikinya;
                     (b)  Rantai nilai;

                     (c)  Rantai pasokan;
                     (d)  Produk  dan  pasar,  menggunakan  siklus  hidup  produk  (product  life  cycle)  dan

                           matrik BCG.











                                                           117
   118   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128