Page 150 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 150
(d) Kebijakan penetapan harga diferensial untuk menarik berbagai jenis pelanggan dan
menciptakan segmen pasar baru.
Produk baru di pasar saat ini: mengejar pengembangan produk
(a) Memperkenalkan produk baru kepada pelanggan lama dan baru di pasar saat ini
(b) Pengembangan produk memaksa pesaing untuk berinovasi
(c) Pendatang baru di pasar mungkin tidak mendukung
Produk baru di pasar baru: mengejar diversifikasi
Bisnis harus memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang diharapkan untuk didapat dari
diversifikasi atas produk baru dan pasar baru pada saat yang sama.
(a) Pertumbuhan. Produk baru dan pasar baru harus dipilih dengan menawarkan
prospek pertumbuhan dimana bauran pasar produk yang tidak ada.
(b) Surplus dana yang tidak diperlukan untuk kebutuhan ekspansi lainnya dapat
diinvestasikan dalam diversifikasi, atau dapat dikembalikan ke pemegang saham.
DOKUMEN
(4) Analisis SFA
IAI
Jika bisnis telah mengembangkan strategi korporat alternatif, perusahaan perlu:
(a) mengevaluasi setiap strategi; kemudian
(b) memilih yang terbaik.
Gerry Johnson dan Kevan Scholes menetapkan tiga kriteria untuk mengevaluasi dan
memilih strategi diterapkan dalam proses yang dikenal sebagai analisis SFA: Suitability
(Kesesuaian), Feasibility (Kelayakan) dan Acceptability (Penerimaan).
Kesesuaian strategi
Apakah strategi tersebut sesuai dengan keadaan operasional bisnis? Apakah
melakukannya dengan:
(a) Kekuatan eksploitasi?
(b) Memperbaiki kelemahan?
(c) Menetralisir atau menangkis ancaman lingkungan?
(d) Membantu bisnis untuk meraih peluang?
144