Page 150 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 150

(d)  Kebijakan penetapan harga diferensial untuk menarik berbagai jenis pelanggan dan

                           menciptakan segmen pasar baru.


                     Produk baru di pasar saat ini: mengejar pengembangan produk
                     (a)  Memperkenalkan produk baru kepada pelanggan lama dan baru di pasar saat ini

                     (b)  Pengembangan produk memaksa pesaing untuk berinovasi
                     (c)  Pendatang baru di pasar mungkin tidak mendukung



                     Produk baru di pasar baru: mengejar diversifikasi
                     Bisnis harus memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang diharapkan untuk didapat dari

                     diversifikasi atas produk baru dan pasar baru pada saat yang sama.

                     (a)  Pertumbuhan.  Produk  baru  dan  pasar  baru  harus  dipilih  dengan  menawarkan
                           prospek pertumbuhan dimana bauran pasar produk yang tidak ada.

                     (b)  Surplus  dana  yang  tidak  diperlukan  untuk  kebutuhan  ekspansi  lainnya  dapat
                           diinvestasikan dalam diversifikasi, atau dapat dikembalikan ke pemegang saham.

                               DOKUMEN
               (4)  Analisis SFA
                                                     IAI
                     Jika bisnis telah mengembangkan strategi korporat alternatif, perusahaan perlu:

                     (a)  mengevaluasi setiap strategi; kemudian
                     (b)  memilih yang terbaik.



                     Gerry Johnson  dan  Kevan Scholes menetapkan  tiga kriteria untuk mengevaluasi dan

                     memilih strategi diterapkan dalam proses yang dikenal sebagai analisis SFA: Suitability

                     (Kesesuaian), Feasibility (Kelayakan) dan Acceptability (Penerimaan).




                     Kesesuaian strategi

                     Apakah  strategi  tersebut  sesuai  dengan  keadaan  operasional  bisnis?  Apakah

                     melakukannya dengan:

                     (a)  Kekuatan eksploitasi?

                     (b)  Memperbaiki kelemahan?

                     (c)  Menetralisir atau menangkis ancaman lingkungan?
                     (d)  Membantu bisnis untuk meraih peluang?


                                                           144
   145   146   147   148   149   150   151   152   153   154   155