Page 148 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 148
Cara membedakan:
(a) Membangun citra merek;
(b) Memberikan fitur khusus pada produk untuk membuatnya menonjol;
(c) memanfaatkan kegiatan lain dari rantai nilai seperti pemasaran dan penjualan atau
layanan;
(d) menggunakan IT untuk membuat layanan baru atau fitur produk .
Strategi Fokus (focus)
Strategi fokus digunakan untuk membangun keunggulan bersaing dalam suatu segmen
pasar yang lebih sempit. Strategi jenis ini ditujukan untuk melayani kebutuhan konsumen
DOKUMEN
yang jumlahnya relatif dan dalam pengambilan keputusannya untuk membeli relatif tidak
dipengaruhi oleh harga. Dalam pelaksanaannya terutama pada perusahaan skala
menengah dan besar, strategi fokus diintegrasikan dengan salah satu dari dua strategi
generik lainnya: strategi biaya rendah atau strategi pembedaan karakteristik produk.
IAI
strategi ini biasa digunakan oleh pemasok “niche market” (segmen khusus/khas dalam
suatu pasar, disebut pula sebagai ceruk pasar) untuk memenuhi kebutuhan suatu produk
barang dan jasa.
Syarat bagi penerapan strategi ini adalah adanya besaran pasar yang cukup (market size),
terdapat potensi pertumbuhan yang baik dan tidak terlalu diperhatikan oleh pesaing
dalam rangka mencapai keberhasilannya (pesaing tidak tertarik untuk bergerak pada
ceruk tersebut). Strategi ini akan menjadi lebih efektif jika konsumen membutuhkan
suatu kekhsan tertentu yang tidak diminati oleh perusahaan pesaing. Biasanya
perusahaan yang bergerak dengan strategi ini lebih berkonsentrasi pada suatu kelompok
pasar tertentu (niche market), Wilayah geografis tertentu, atau produk barang atau jasa
tertentu dengan kemampuan memenuhi kebutuhan konsumen secara baik.
142