Page 148 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 148

Cara membedakan:


                     (a)  Membangun citra merek;
                     (b)  Memberikan fitur khusus pada produk untuk membuatnya menonjol;

                     (c)  memanfaatkan kegiatan lain dari rantai nilai seperti pemasaran dan penjualan atau

                           layanan;
                     (d)  menggunakan IT untuk membuat layanan baru atau fitur produk .



                     Strategi Fokus (focus)

                     Strategi fokus digunakan untuk membangun keunggulan bersaing dalam suatu segmen

                     pasar yang lebih sempit. Strategi jenis ini ditujukan untuk melayani kebutuhan konsumen
                               DOKUMEN
                     yang jumlahnya relatif dan dalam pengambilan keputusannya untuk membeli relatif tidak
                     dipengaruhi  oleh  harga.  Dalam  pelaksanaannya  terutama  pada  perusahaan  skala
                     menengah dan besar, strategi fokus diintegrasikan dengan salah satu dari dua strategi

                     generik  lainnya:  strategi  biaya  rendah  atau  strategi  pembedaan  karakteristik  produk.
                                                     IAI
                     strategi ini biasa digunakan oleh pemasok “niche market” (segmen khusus/khas dalam

                     suatu pasar, disebut pula sebagai ceruk pasar) untuk memenuhi kebutuhan suatu produk

                     barang dan jasa.


                     Syarat bagi penerapan strategi ini adalah adanya besaran pasar yang cukup (market size),
                     terdapat  potensi  pertumbuhan  yang  baik  dan  tidak  terlalu  diperhatikan  oleh  pesaing

                     dalam  rangka  mencapai  keberhasilannya  (pesaing  tidak  tertarik  untuk  bergerak  pada
                     ceruk  tersebut).  Strategi  ini  akan  menjadi  lebih efektif  jika  konsumen  membutuhkan

                     suatu  kekhsan  tertentu  yang  tidak  diminati  oleh  perusahaan  pesaing.  Biasanya

                     perusahaan yang bergerak dengan strategi ini lebih berkonsentrasi pada suatu kelompok
                     pasar tertentu (niche market), Wilayah geografis tertentu, atau produk barang atau jasa

                     tertentu dengan kemampuan memenuhi kebutuhan konsumen secara baik.









                                                           142
   143   144   145   146   147   148   149   150   151   152   153