Page 146 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 146

memenuhi tujuan nya.


               (2)  Strategi Kompetitif Generik Porter

                     Definisi:
                     Strategi kompetitif adalah mengambil tindakan ofensif atau defensif untuk menciptakan

                     posisi yang dapat dipertahankan di sebuah industri; untuk berhasil mengatasi kekuatan
                     kompetitif dan karenanya memberikan pengembalian investasi yang unggul untuk bisnis.



                     Michael Porter berpendapat ada tiga strategi generik yang umum: strategi biaya rendah
                     (cost leadership), strategi pembedaan produk (differentiation), dan strategi fokus (focus).



                     Definisi:
                     Strategi biaya rendah (cost leadership) menekankan pada upaya memproduksi produk

                     standar (sama dalam segala aspek) dengan biaya per unit yang sangat rendah. Produk ini
                               DOKUMEN
                     (barang  maupun  jasa)  biasanya  dituukan  kepada  konsumen  yang  relatif  mudah

                     terpengaruh oleh pergeseran harga (price sensitive)  atau menggunakan harga sebagai
                     faktor penentu  keputusan. Dari sisi  perilaku pelanggan, strategi  jenis  ini amat sesuai
                                                     IAI
                     dengan kebutuhan pelanggan termasuk dalam kategori pelaku low involvement, ketika

                     sejumlah besar konsumen memiliki kekuatan tawar menawar yang signifikan.


                     Untuk  dapat  menjalankan  strategi  biaya  rendah,  sebuah  perusahaan  harus  mampu
                     memenuhi persayaratan di dua bidang, yaitu: sumber daya (resources) dan organisasi.

                     Strategi  ini  hanya  mungkin  dijalankan  jika  dimiliki  beberapa  keunggulan  di  bidang
                     sumber  daya  perusahaan,  yaitu:kuat  akan  modal,  terampil  pada  rekaya  pada  proses

                     (process engineering), pengawasan yang ketan, mudah diproduksi, serta biaya distribusi

                     dan  promosi  rendah.  Sedangkan  dari  bidang  organisasi,  perusahaan  harus  memiliki
                     kemampuan  mengendalikan  biaya  dengan  ketat,  informasi  pengendalian  yang  baik,

                     insentif berdasarkan target (alokasi insentif berbasis hasil).

                     Bagaimana menggunakan strategi biaya rendah:
                     (a)  mendirikan fasilitas produksi untuk memperoleh skala ekonomis

                     (b)  menggunakan teknologi terbaru
                     (c)  berkonsentrasi pada peningkatan produktivitas

                     (d)  meminimalkan biaya overhead
                     (e)  mendapatkan akses yang menguntungkan ke sumber pasokan


                                                           140
   141   142   143   144   145   146   147   148   149   150   151