Page 147 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 147

Strategi pembedaan produk (differentiation)

                     Strategi pembedaan produk mendorong perusahaan untuk sanggup menemukan keunikan
                     tersendiri dalam pasar yang menjadi sasarannya. Keunikan produk (barang atau jasa)

                     yang dikedepankan ini memungkinkan suatu perusahaan untuk menarik minat sebesar-
                     besarnya dari konsumen potensialnya. Cara pembedaan produk bervariasi dari pasar ke

                     pasar,  tetapi  berkaitan  dengan  sifat  dan  atribut  fisik  suatu  produk  atau  pengalaman

                     kepuasan (secara nyata maupun psikologis) yang didapat oleh konsumen dari produk
                     tersebut.  berbafgai  kemudahan  pemeliharaan,  features  tambahan,  fleksibilitas,

                     kenyamanan, dan berbagai hal lainnya yang sulit ditiru lawan merupakan sedikit contoh

                     dari diferensiasi. Strategi jenis ini biasanya ditujukan kepada para konsumen potensial
                     yang  relatif  tidak  mengutamakan  harga  dalam  pengambilan  keputusannya  (price

                     insentive).
                               DOKUMEN


                     Secara  umum  terdapat  dua  bidang  syarat  yang  harus  dipenuhi  ketika  perusahaan
                     memutuskan untuk memanfaatkan strategi ini, yaitu bidang sumber daya (resources) dan
                                                     IAI
                     bidang organisasi. Dari sisi sumber daya perusahaan, maka untuk menerapkan strategi

                     ini dibutuhkan kekuatan-kekuatan yang tinggi dalam hal: pemasaran produk, kreativitas
                     dan bakat, perekayasaan produk (product engineering), riset pasar, reputasi perusahaan,

                     distribusi dan keterampilan kerja. Sedangkan dari sisi organisasi, perusahaan harus kuat
                     dan mampu untuk melakukan koordinasi antar fungsi manajemen yang terkait, merekrut

                     tenaga  yang berkemampuan tinggi dan mengukur insentif yang subyektif di samping
                     yang obyektif.



                     Binis bersaing berdasarkan karakteristik khusus dari produk-produknya. Produk dapat
                     dikategorukan sebagai berikut:

                     (a)  Produk terobosan menawarkan keunggulan kinerja yang radikal dari para pesaing

                           mungkin dengan harga yang jauh lebih rendah;
                     (b)  Produk yang ditingkatkan menawarkan kinerja yang lebih baik dengan harga yang

                           kompetitif;
                     (c)  Produk kompetitif menawarkan kombinasi harga dan kinerja tertentu.






                                                           141
   142   143   144   145   146   147   148   149   150   151   152