Page 145 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 145

Rp660.000/Rp6.600.000.000 = 10%

                      Nilai pemegang saham              Meningkat               Dari  harga  per  lembar  saham  Rp2
                                                                                menjadi Rp2,2.

                      Prospek kerja                     Berguna                 Memastikan supaya sedikit karyawan

                                                                                yang  meninggalkan  bisnis  ini  dan
                                                                                mengikuti pelatihan untuk memastikan

                                                                                perkembangan karir.
                      Kesetiaan pelanggan               Memastikan              Meningkatkan tingkat pelayanan.

                                                        pelanggan     semakin

                                                        puas


                     Strategi, rencana, dan standar
                     Strategi  yang  dipilih  oleh  bisnis  haruslah  strategi  yang  dapat  mencapai  target  yang

                     ditetapkan  misalnya  untuk  meningkatkan  penjualan,  mengurangi  biaya  dan
                               DOKUMEN
                     meningkatkan modal. Awalnya strategi bisnis khusus yang terkait dengan perusahaan
                     secara keseluruhan strategi bisnis yang terdiri dari:

                     (a)  Strategi kompetetif – produk dan pasar tempat kita beroperasi?
                                                     IAI
                     (b)  Srategi investasi – sistem, struktur dan aset apa yang perlu kita investasikan?

                     (c)  Strategi keuangan – bagaimana kita akan mengumpulkan dana yang diperlukan?



                     Strategi keuangan untuk setiap bidang operasi, pemasaran, SDM, teknologi informasi

                     dan  keuangan-  detail  rencana  dan  standar  kemudian  dikembangkan  yang  akan
                     memastikan target terpenuhi.




                H.  Memilih Strategi Perusahaan

               (1)  Apa Perlu Memilih Strategi Korporat Yang Baru?
                     Bisnis dapat dengan mudah memilih untuk melanjutkan dengan strategi perusahaan saat

                     ini. Dengan asumsi ada adalah kesenjangan antara apa yang sudah dicapai oleh bisnis

                     dan  apa  yang  ingin  dicapai,  namun  akan  ada  kebutuhan  untuk  memilih  strategi
                     kompetitif,  keuangan  dan  investasi  yang  akan  memastikan  bahwa  tujuan  strategis

                     terpenuhi.  Strategi  kompetitif  generik  Porter  dan  matriks  Ansoff  memberikan  saran
                     kompetitif  strategi  dari  mana  bisnis  memilih  berdasarkan  seberapa  efektif  mereka




                                                           139
   140   141   142   143   144   145   146   147   148   149   150